Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Kualitas Lingkungan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Di Kedai Kopi Pisan, Malang)
Main Author: | -, Stephanie |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/181025/ |
Daftar Isi:
- Saat ini, terjadi perubahan pada sikap dan gaya hidup masyarakat yang lebih modern. Di samping itu, Kota Malang yang menjadi kota pendidikan juga terdapat banyak anak muda maupun orang dewasa yang senang berkumpul-kumpul dengan rekannya. Perubahan sikap dan gaya hidup masyarakat inilah yang memacu perkembangan pesat usaha kedai kopi. Salah satu usaha kedai kopi di Kota Malang adalah Kedai Kopi Pisan. Kedai Kopi Pisan ini mulai berdiri pada akhir tahun 2018. Kedai Kopi Pisan berkeinginan untuk dapat menambah jumlah pelanggan setia yang berkunjung ke tempat mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu menumbuhkan sikap puas dan loyal pada konsumen di Kedai Kopi Pisan. Penelitian ini menggunakan metode Partial Least Square (PLS). Variabel bebas yang digunakan, yaitu kualitas produk, kualitas pelayanan, dan kualitas lingkungan. Variabel terikat yang digunakan, yaitu kepuasan konsumen dan loyalitas konsumen. Responden yang menjadi sampel penelitian ini adalah sebanyak 110 sampel dengan kriteria konsumen yang pernah berkunjung dan mengkonsumsi produk minuman yang ada di Kedai Kopi Pisan, Malang minimal dua kali dalam tiga bulan terakhir. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Kualitas lingkungan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Kualitas produk dan kualitas lingkungan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen. Kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen. Kepuasan konsumen tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen