Evaluasi User Experience pada Kahoot dan Socrative menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi pada SMKN 3 Malang)

Main Author: Fitranda, Fauzan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/181002/1/Fauzan%20Fitranda%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/181002/7/Fauzan%20Fitranda%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/181002/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran yang tidak ada interaksi antara siswa dan guru akan mencipatakan suasana belajar yang membosankan, maka dari itu salah satu guru pada kelas X-TKJ 1 mengininkan sesuatu yang berbeda pada pembelajarannya. Guru menginkan membuat kuis dengan cara yang berbeda yaitu dengan menggunakan Kahoot dan Socrative. Kahoot memiliki tampilan dan pilihan kuis yang lebih menyenangkan dibandingkan dengan Socrative. Maka dari itu dilakukan penelitian ini dengan mengevaluasi User Experience pada Kahoot dan Socrative menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ). Terdapat 6 items dan masing-masing item mempunyai 6 skala yaitu attractivess, efficiency, perspicuity, dependability, stimulation, dan novelty. Penelitian dilakukan di SMKN 3 Malang dengan 32 responden. Hasil dari penelitian membuktikan bahwa Kahoot memiliki nilai rata-rata lebih tinggi bahkan memiliki nilai yang sangat bagus dibandingkan dengan Socrative. Nilai tertinggi terdapat pada item attractiveness pada Kahoot dan nilai terendah terdapat pada item stimulation pada Socrative. Kesimpulannya adalah Kahoot lebih cocok digunakan untuk kuis