Pembangunan Sistem Informasi Pelayanan Laundry Pada RSI Malang “UNISMA” Berbasis Web
Main Author: | Pratiwi, Erine Ajeng |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/180986/7/Erine%20Ajeng%20Pratiwi.pdf http://repository.ub.ac.id/180986/ |
Daftar Isi:
- Pelayanan non-medis berperan penting untuk mengembangkan kualitas rumah sakit dalam pemenuhan layanan fasilitas terkait kepentingan pasien dalam melakukan perawatan. Melihat bahwa linen sangat dibutuhkan di setiap ruang rumah sakit dengan dilakukan penanganan secara benar. Pelayanan linen diperlukan untuk memenuhi kebutuhan setiap ruang dirumah sakit. Kebersihan linen perlu diperhatikan dalam penangannya sehingga adanya laundry linen sangat penting dilakukan. Dalam penerapannya muncul permasalahan pencatatan laundry linen dilakukan secara manual yaitu buku. Permasalahan kedua, tidak lengkapnya data dalam pencatatan dan belum adanya pengolahan data informasi laporan linen kotor, laporan linen hilang per-jenis linen, laporan linen rusak per-jenis linen, dan lainnya. Permasalahan ketiga, pencatatan dilakukan kembali ke pihak kepala URT (Unit Rumah Tangga) untuk direkapitulasi ulang. Hal ini mengurangi rasa kepuasan tersendiri bagi pelayanan laundry rumah sakit, terlebih banyak data yang harus diolah. Permasalahan keempat, tidak efektif terkait efisiensi waktu dan biaya pemakaian buku serta kemungkinan masalah besar yang dapat terjadi begitu saja tanpa disadari, melihat banyaknya kebutuhan yang harus dilayani setiap hari oleh petugas. Dari permasalahan tersebut dilakukan pembangunan sistem informasi berbasis web dengan menggunakan metode waterfall dalam pembangunan perangkat lunak. Pengujian dilakukan dengan empat cara yaitu pengujian unit dari lima sampel yang diuji menggunakan teknik white box testing diperoleh hasil status 100% valid. Pengujian validasi dari 42 test case diperoleh hasil status 100% valid. Pengujian compatibility dengan hasil sistem dapat berjalan pada 11 peramban. Pengujian usability dengan menggunakan metode System Usability Scale (SUS) menghasilkan diatas nilai rata – rata yaitu 87,5 dengan kategori excellent dengan grade scale B yang artinya secara usability sistem dapat diterima