Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Keluhan Masyarakat Berbasis Web (Studi Kasus Pemerintah Kabupaten Sidoarjo)
Main Author: | Adinata, Fikri Rizky |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/180982/1/Fikri%20Rizky%20Adinata%20%282%29.pdf http://repository.ub.ac.id/180982/ |
Daftar Isi:
- Pemerintah Kabupaten Sidoarjo memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas layanan publik yang inovatif dan merata pada masyarakat salah satunya adalah layanan pengaduan keluhan masyarakat yang dinaungi oleh Pusat Pelayanan Pengaduan (P3M). Salah satu sarana masyarakat dalam mengadukan keluhan adalah dengan melalui website yang telah dimiliki oleh P3M Kabupaten Sidoarjo. Namun website tersebut kurang diminati oleh masyarakat karena dalam penggunaannya masyarakat memiliki banyak kendala diantaranya sulitnya untuk mencari dan melacak status pengaduan yang telah dikirim, kurangnya fitur pendukung dalam pembuatan pengaduan dan tidak tersedianya fitur untuk melakukan komunikasi dua arah dari pengaduan yang telah dibuat. Dari berbagai masalah itulah masyarakat lebih memilih melakukan pengaduan lewat media sosial yang mengakibatkan pengaduan dari masyarakat tidak terekam dengan baik oleh P3M. Berdasarkan masalah diatas dibutuhkan analisis dan perancangan sistem informasi pelayanan keluhan masyarakat berbasis website untuk menyelasaikan permasalahan tersebut. Dalam proses perancangan digunakan pendekatan OOAD dengan pemodelan perancangan UML serta hasil dari perancangan sistem dievaluasi dengan menggunakan Traceability Matrix dan Usability Testing. Dari analisis persyaratan dihasilkan 32 persyaratan fungsional dan 1 persyaratan nonfungsional beserta 12 use case. Tahap perancangan menghasilkan 4 diagram kelas controller dan 10 diagram kelas model. Pada tahap evaluasi dengan menggunakan Traceability Matrix semua hasil perancangan dari sistem dapat ditelusuri hingga analisis persyaratan dan pemodelan proses bisnis dan tahap evaluasi dengan menggunakan Usability Testing menghasilkan rata rata nilai success rate sebesar 97% dan time based efficiency sebesar 0,03 task/second