Evaluasi Usability Dan Perbaikan User Interface Pada Aplikasi KRL Access Menggunakan Metode Human Centered Design (HCD) Dan Post-Study System Usability Questionnaire (PSSUQ)

Main Author: Putra, Ady Ramadhan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/180953/1/Ady%20Ramadhan%20Putra%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/180953/
Daftar Isi:
  • Kereta Rel Listrik (KRL) masih menjadi pilihan masyarakat untuk bepergian baik dekat maupun jauh khususnya di wilayah Jabodetabek. PT Kereta Commuter Indonesia sebagai pengelola KRL membuat aplikasi KRL Access pada tahun 2015. Aplikasi KRL Access bertujuan memudahkan pengguna KRL untuk mendapatkan informasi mengenai jadwal dan posisi KRL. Pada praktiknya ditemui beberapa permasalahan, diantaranya adalah jadwal yang berbeda antara aplikasi dan real-time, tombol back yang ketika ditekan selalu mengarahkan untuk keluar aplikasi, dan penggunaan bahasa yang tidak sesuai dan konsisten sehingga akan membingungkan untuk pengguna baru. Dari permasalahan tersebut, peneliti melakukan evaluasi usablity dan perbaikan user interface menggunakan metode HCD dan PSSUQ. Setelah hasil evaluasi diketahui, peneliti membuat desain perbaikan sebagai solusi atas permasalahan dengan menggunakan beberapa guidelines. Hasil perbandingan menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan, yaitu pada aspek efektivitas dari 48% menjadi 100%, pada aspek efisiensi dari 11,85% menjadi 100%, dan pada aspek kepuasan pengguna dari 56,25% menjadi 98,75%. Peneliti menyimpulkan peningkatan nilai tersebut terjadi karena desain perbaikan yang dibuat oleh peneliti memberi nilai efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna yang tinggi kepada partisipan.