Evaluasi dan Perbaikan Antarmuka Aplikasi Mobile IZAT (Aplikasi Zero Accident Assistant) Bidang K3 PT PJB UP Gresik Menggunakan Metode Human-Centered Design

Main Author: Fitri, Dienabillah Gita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/180895/1/Dienabillah%20Gita%20Fitri.pdf
http://repository.ub.ac.id/180895/
Daftar Isi:
  • PT PJB UP Gresik mengembangkan Aplikasi IZAT untuk mengotomatisasi tugas-tugas yang ada di Bidang K3 PT PJB UP Gresik. Aplikasi IZAT memiliki permasalahan diantaranya adalah penggunaan icon yang kurang sesuai dengan isi halaman, tidak adanya informasi penjelas sehingga karyawan seringkali menemui permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi dan perbaikan dari antarmuka aplikasi IZAT dengan menggunakan metode Human-Centered Design (HCD). Analisis konteks penggunaan dimana hasil yang didapatkan nantinya berupa karakteristik pengguna, tujuan penggunaan, lingkungan penggunaan, dan tugas skenario. Tahap kedua yaitu spesifikasi kebutuhan pengguna dimana hasil yang didapatkan berupa permasalahan-permasalahan yang ada di dalam aplikasi dari sudut pandang pengguna berdasarkan hasil pengujian menggunakan usability testing dan kuesioner SUS termodifikasi. Hasil pengujian awal didapatkan data persentase learnability responden Bidang K3 sebesar 66,5% dan responden non bidang K3 sebesar 66,5%. Persentase efficiency sebesar 54,7% untuk responden bidang K3 dan 56,8% untuk responden non bidang K3. Pada pengukuran memorability, kenaikan rata-rata waktu sebesar 8,33% dan jumlah rata-rata tap sebesar 6,25% untuk responden bidang K3, sedangkan persentase rata-rata kenaikan waktu sebesar 8,23% dan sebesar 0% kenaikan jumlah rata-rata tap responden non bidang K3. Pengukuran aspek error didapatkan hasil tingkat error sebesar 21,5% untuk responden bidang K3 dan sebesar 22,6% untuk responden non Bidang K3. Pada aspek kepuasan pengguna didapatkan skor SUS sebesar 55,8 untuk responden bidang K3 dan skor sebesar 68,3 untuk responden non bidang K3. Permasalahan yang ditemukan dari hasil pengujian awal adalah permasalahan seputar navigasi, dan layout dari aplikasi. Tahap ketiga adalah perancangan desain solusi yang dibuat dengan acuan permasalahan dari pengujian sebelumnya. Tahap terakhir yaitu evaluasi desain solusi. Hasil dari evaluasi desain solusi didapatkan data tingkat learnability masingmasing jenis responden sebesar 100%, efficiency masing-masing jenis responden sebesar 100%, memorability rata-rata kenaikan waktu sebesar 3,1% dan kenaikan jumlah tap sebesar 10,5% untuk responden bidang K3. Sedangkan untuk responden non bidang K3 sebesar 5,8% untuk rata-rata kenaikan waktu dan sebesar 0% untuk rata-rata kenaikan jumlah tap. Dari hasil perbandingan, desain solusi berhasil meningkatkan usability dari aplikasi IZAT.