Implementasi Protokol Anchor-Based Street And Traffic Aware Routing (A-Star) Menggunakan Intersection Node Pada Vehicular Ad-Hoc Network (Vanet)
Main Author: | Rumantyo, Danny Candra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/180890/1/Danny%20Candra%20Rumantyo%20%282%29.pdf http://repository.ub.ac.id/180890/2/Danny%20Candra%20Rumantyo%20%282%29.pdf http://repository.ub.ac.id/180890/ |
Daftar Isi:
- Vehicular Ad-Hoc Network (VANET) adalah teknologi jaringan nirkabel yang mendukung terjadinya komunikasi kendaraan. Komunikasi yang dapat dibentuk oleh VANET meliputi Inter Vehicle Communication (IVC) dan Vehicle to Roadside Communication (VRC). Permasalahan dan fokus penelitian pada VANET pada umumnya terkait pemilihan protokol routing yang efektif. Terdapat beberapa protokol berbasis topologi di Mobile Ad-Hoc Network (MANET) yang memiliki keterbatasan seperti rentan terhadap pergerakan node yang cepat dan perubahan topologi yang dinamis namun masih digunakan di VANET. Protokol berbasis posisi menghapus keterbatasan tersebut, sehingga merupakan protokol yang paling tepat digunakan di lingkungan VANET. Pada penelitian ini protokol routing yang digunakan yaitu Anchor-Based Street and Traffic Aware Routing (ASTAR). Protokol A-STAR termasuk dalam kategori protokol berbasis posisi dan memiliki mekanisme kerja berdasarkan persimpangan pada jalan. Intersection node adalah node diam yang diletakkan di setiap persimpangan untuk berkomunikasi dengan kendaraan. Penelitian ini menggunakan Simulation of Urban Mobility (SUMO) dan Network Simulator 3 (NS-3) untuk meyimulasikan protokol A-STAR berdasarkan real map. Skenario pengujian yang akan digunakan untuk menguji protokol yaitu jumlah node, kecepatan node, dan jumlah intersection node. Hasil dari pengujian yaitu berupa metrik analisis yang terdiri dari packet delivery ratio, end-to-end delay, routing overhead, convergence time, dan jarak euclidean. Hasil pengujian dari ketiga skenario dari node sumber menuju intersection node menunjukkan rata - rata nilai packet delivery ratio sebesar 85,1%, end-to-end delay sebesar 93,28ms, routing overhead sebanyak 873,88 paket, convergence time sebesar 1,46s, dan jarak euclidean sebesar 104,64m