Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan Menggunakan Model Four-D Pada Siswa SMK Negeri 5 Malang
Main Author: | Ramadhanti, Fajar |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/180886/1/Fajar%20Ramadhanti.pdf http://repository.ub.ac.id/180886/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran desain grafis percetakan menggunakan model four-D dan mendeskripsikan serta mengetahui tingkat pemahaman peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran desain grafis percetakan menggunakan model four-D. Media pembelajaran interaktif merupakan media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran yang melibatkan interaksi antara guru dengan peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) menggunakan model four-d. Penelitian menggunakan model four-d terdiri dari empat tahap, yakni (1) Pendefinisian (Define), (2) Perancangan (Design), (3) Pengembangan (Develop), dan (4) Penyebarluasan (Disseminate). Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Multimedia 1 SMK Negeri 5 Malang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar validasi media pembelajaran interaktif berupa e-book, tes pilihan ganda yang meliputi pretest dan posttest, lembar penilaian, Kuesioner respon peserta didik. Berdasarkan dari hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) Media pembelajaran interaktif berbasis e-book desain grafis percetakan dinyatakan layak digunakan setelah melalui validasi oleh validator. Rerata hasil validasi oleh validator sebesar 87%, hal ini menunjukkan bahwa media yang dibuat valid dengan kategori “Sangat Baik”. (2) Tingkat pemahaman peserta didik yang diperoleh berdasarkan rerata hasil pretest dan posttest. Rerata hasil pretest secara keseluruhan sebesar 64,5. Sedangkan rerata hasil posttest sebesar 78,2. Selisih rerata hasil pretest dan posttest sebesar 13,7. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis e-book desain grafis percetakan dapat digunakan mampu meningkatkan pemahaman peserta didik.