Perancangan Web Kuliner dengan Menggunakan Pendekatan Pattern Based Requirement

Main Author: -, Afifurrijal
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/180885/1/Afifurrijal.pdf
http://repository.ub.ac.id/180885/
ctrlnum 180885
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/180885/</relation><title>Perancangan Web Kuliner dengan Menggunakan Pendekatan Pattern&#xD; Based Requirement</title><creator>-, Afifurrijal</creator><subject>003.3 Computer modeling and simulation</subject><description>Kuliner adalah salah satu bagian dari gaya hidup sehari-hari yang tidak bisa&#xD; dipisahkan dikarenakan setiap manusia membutuhkan makanan untuk&#xD; dikonsumsi sehari-hari (KBBI,2003). Pada tahun 2019 industri kuliner menjadi&#xD; subsektor unggulan dari ekonomi kreatif dengan menyumbang kontribusi sebesar&#xD; 264 M pada Produk Domestik Bruto (Kominfo,2019). Dari data tersebut dapat&#xD; dikatakan bahwa pendapatan yang diperoleh dari usaha kuliner itu&#xD; menguntungkan. Salah satu cara untuk mendapatkan keuntungan adalah&#xD; mempromosikan usaha lewat internet melalui website. Di setiap kasus&#xD; pengembangan perangkat lunak pada website, tentu menghasilkan kebutuhan&#xD; tertentu dengan frekuensi yang sering, menciptakan terjadinya pola kebutuhan&#xD; yang dapat digunakan pada pola kebutuhan perangkat lunak. Salah satu metode&#xD; yang bisa digunakan untuk mempermudah proses pengembangan perangkat&#xD; lunak adalah pattern based requirement yang akan menghasilkan pola kebutuhan&#xD; perangkat lunak. Setelah didapatkan pola kebutuhan, maka didapatkan&#xD; kebutuhan fungsional dan dirancangan dengan menggunakan platform Code&#xD; Igniter. Perancangan menggunakan pendekatan Object Oriented. Pengujian&#xD; dilakukan dengan menggunakan pengujian dasar dan pengujian kualitas. Dari&#xD; Pengujian yang dilakukan, didapatkan semua artefak sudah dibuat berdasarkan&#xD; use case dan juga hasil dari perancangan memiliki kopling yang rendah dan nilai&#xD; understandability yang tinggi karena nilai dari CBO (Coupling Between Object&#xD; Classes) sebesar 1 dan nilai RFC (Response for a Class) sebesar 3. Hasil dari&#xD; perancangan juga memiliki nilai kohesi yang rendah karena nilai dari LCOM1 (Lack&#xD; of Cohesion Method 1) dan nilai dari adaptability tinggi karena nilai CBO diantara&#xD; 1-3, nilai RFC diantara 1-69 dan memenuhi nilai LCOM2 (Lack of Cohesion Method&#xD; 2).</description><date>2020-01-03</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/180885/1/Afifurrijal.pdf</identifier><identifier> -, Afifurrijal (2020) Perancangan Web Kuliner dengan Menggunakan Pendekatan Pattern Based Requirement. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FILKOM/2020/124/052003086</relation><recordID>180885</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author -, Afifurrijal
title Perancangan Web Kuliner dengan Menggunakan Pendekatan Pattern Based Requirement
publishDate 2020
topic 003.3 Computer modeling and simulation
url http://repository.ub.ac.id/180885/1/Afifurrijal.pdf
http://repository.ub.ac.id/180885/
contents Kuliner adalah salah satu bagian dari gaya hidup sehari-hari yang tidak bisa dipisahkan dikarenakan setiap manusia membutuhkan makanan untuk dikonsumsi sehari-hari (KBBI,2003). Pada tahun 2019 industri kuliner menjadi subsektor unggulan dari ekonomi kreatif dengan menyumbang kontribusi sebesar 264 M pada Produk Domestik Bruto (Kominfo,2019). Dari data tersebut dapat dikatakan bahwa pendapatan yang diperoleh dari usaha kuliner itu menguntungkan. Salah satu cara untuk mendapatkan keuntungan adalah mempromosikan usaha lewat internet melalui website. Di setiap kasus pengembangan perangkat lunak pada website, tentu menghasilkan kebutuhan tertentu dengan frekuensi yang sering, menciptakan terjadinya pola kebutuhan yang dapat digunakan pada pola kebutuhan perangkat lunak. Salah satu metode yang bisa digunakan untuk mempermudah proses pengembangan perangkat lunak adalah pattern based requirement yang akan menghasilkan pola kebutuhan perangkat lunak. Setelah didapatkan pola kebutuhan, maka didapatkan kebutuhan fungsional dan dirancangan dengan menggunakan platform Code Igniter. Perancangan menggunakan pendekatan Object Oriented. Pengujian dilakukan dengan menggunakan pengujian dasar dan pengujian kualitas. Dari Pengujian yang dilakukan, didapatkan semua artefak sudah dibuat berdasarkan use case dan juga hasil dari perancangan memiliki kopling yang rendah dan nilai understandability yang tinggi karena nilai dari CBO (Coupling Between Object Classes) sebesar 1 dan nilai RFC (Response for a Class) sebesar 3. Hasil dari perancangan juga memiliki nilai kohesi yang rendah karena nilai dari LCOM1 (Lack of Cohesion Method 1) dan nilai dari adaptability tinggi karena nilai CBO diantara 1-3, nilai RFC diantara 1-69 dan memenuhi nilai LCOM2 (Lack of Cohesion Method 2).
id IOS4666.180885
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-28T07:03:35Z
last_indexed 2021-10-28T07:03:35Z
recordtype dc
_version_ 1751453871157280768
score 17.538404