Perancangan Web Kuliner dengan Menggunakan Pendekatan Pattern Based Requirement
Main Author: | -, Afifurrijal |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/180885/1/Afifurrijal.pdf http://repository.ub.ac.id/180885/ |
ctrlnum |
180885 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/180885/</relation><title>Perancangan Web Kuliner dengan Menggunakan Pendekatan Pattern
Based Requirement</title><creator>-, Afifurrijal</creator><subject>003.3 Computer modeling and simulation</subject><description>Kuliner adalah salah satu bagian dari gaya hidup sehari-hari yang tidak bisa
dipisahkan dikarenakan setiap manusia membutuhkan makanan untuk
dikonsumsi sehari-hari (KBBI,2003). Pada tahun 2019 industri kuliner menjadi
subsektor unggulan dari ekonomi kreatif dengan menyumbang kontribusi sebesar
264 M pada Produk Domestik Bruto (Kominfo,2019). Dari data tersebut dapat
dikatakan bahwa pendapatan yang diperoleh dari usaha kuliner itu
menguntungkan. Salah satu cara untuk mendapatkan keuntungan adalah
mempromosikan usaha lewat internet melalui website. Di setiap kasus
pengembangan perangkat lunak pada website, tentu menghasilkan kebutuhan
tertentu dengan frekuensi yang sering, menciptakan terjadinya pola kebutuhan
yang dapat digunakan pada pola kebutuhan perangkat lunak. Salah satu metode
yang bisa digunakan untuk mempermudah proses pengembangan perangkat
lunak adalah pattern based requirement yang akan menghasilkan pola kebutuhan
perangkat lunak. Setelah didapatkan pola kebutuhan, maka didapatkan
kebutuhan fungsional dan dirancangan dengan menggunakan platform Code
Igniter. Perancangan menggunakan pendekatan Object Oriented. Pengujian
dilakukan dengan menggunakan pengujian dasar dan pengujian kualitas. Dari
Pengujian yang dilakukan, didapatkan semua artefak sudah dibuat berdasarkan
use case dan juga hasil dari perancangan memiliki kopling yang rendah dan nilai
understandability yang tinggi karena nilai dari CBO (Coupling Between Object
Classes) sebesar 1 dan nilai RFC (Response for a Class) sebesar 3. Hasil dari
perancangan juga memiliki nilai kohesi yang rendah karena nilai dari LCOM1 (Lack
of Cohesion Method 1) dan nilai dari adaptability tinggi karena nilai CBO diantara
1-3, nilai RFC diantara 1-69 dan memenuhi nilai LCOM2 (Lack of Cohesion Method
2).</description><date>2020-01-03</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/180885/1/Afifurrijal.pdf</identifier><identifier> -, Afifurrijal (2020) Perancangan Web Kuliner dengan Menggunakan Pendekatan Pattern Based Requirement. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FILKOM/2020/124/052003086</relation><recordID>180885</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
-, Afifurrijal |
title |
Perancangan Web Kuliner dengan Menggunakan Pendekatan Pattern
Based Requirement |
publishDate |
2020 |
topic |
003.3 Computer modeling and simulation |
url |
http://repository.ub.ac.id/180885/1/Afifurrijal.pdf http://repository.ub.ac.id/180885/ |
contents |
Kuliner adalah salah satu bagian dari gaya hidup sehari-hari yang tidak bisa
dipisahkan dikarenakan setiap manusia membutuhkan makanan untuk
dikonsumsi sehari-hari (KBBI,2003). Pada tahun 2019 industri kuliner menjadi
subsektor unggulan dari ekonomi kreatif dengan menyumbang kontribusi sebesar
264 M pada Produk Domestik Bruto (Kominfo,2019). Dari data tersebut dapat
dikatakan bahwa pendapatan yang diperoleh dari usaha kuliner itu
menguntungkan. Salah satu cara untuk mendapatkan keuntungan adalah
mempromosikan usaha lewat internet melalui website. Di setiap kasus
pengembangan perangkat lunak pada website, tentu menghasilkan kebutuhan
tertentu dengan frekuensi yang sering, menciptakan terjadinya pola kebutuhan
yang dapat digunakan pada pola kebutuhan perangkat lunak. Salah satu metode
yang bisa digunakan untuk mempermudah proses pengembangan perangkat
lunak adalah pattern based requirement yang akan menghasilkan pola kebutuhan
perangkat lunak. Setelah didapatkan pola kebutuhan, maka didapatkan
kebutuhan fungsional dan dirancangan dengan menggunakan platform Code
Igniter. Perancangan menggunakan pendekatan Object Oriented. Pengujian
dilakukan dengan menggunakan pengujian dasar dan pengujian kualitas. Dari
Pengujian yang dilakukan, didapatkan semua artefak sudah dibuat berdasarkan
use case dan juga hasil dari perancangan memiliki kopling yang rendah dan nilai
understandability yang tinggi karena nilai dari CBO (Coupling Between Object
Classes) sebesar 1 dan nilai RFC (Response for a Class) sebesar 3. Hasil dari
perancangan juga memiliki nilai kohesi yang rendah karena nilai dari LCOM1 (Lack
of Cohesion Method 1) dan nilai dari adaptability tinggi karena nilai CBO diantara
1-3, nilai RFC diantara 1-69 dan memenuhi nilai LCOM2 (Lack of Cohesion Method
2). |
id |
IOS4666.180885 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2021-10-28T07:03:35Z |
last_indexed |
2021-10-28T07:03:35Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751453871157280768 |
score |
17.538404 |