Pengembangan Aplikasi Daily Quest: Untuk Menangani Kemalasan Pada Anak Menggunakan Platform Android
Main Author: | Pratama, Aditya Putra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/180853/7/Aditya%20Putra%20Pratama.pdf http://repository.ub.ac.id/180853/ |
Daftar Isi:
- Kemalasan pada anak seringkali timbul akibat tidak adanya motivasi dalam melakukan sesuatu. Dalam studi psikologi menyatakan bahwa kemalasan pada anak timbul akibat tidak adanya kebiasaan dalam belajar yang teratur. Untuk meningkatkan motivasi orang tua perlu memberikan sebuah hadiah agar anak memiliki kemauan dalam mengerjakan sesuatu. Hal ini dilakukan untuk mulai membiasakan anak dalam mengerjakan sesuatu. Pemberian daily activity merupakan alat bantu untuk membiasakan anak melakukan kegiatan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan perangkat lunak Waterfall. Metode ini dipilih karena kebutuhan fungsional pada sistem sudah didefinisikan sejak awal dan tidak memiliki perubahan. Pengujian yang dilakukan pada aplikasi Daily Quest adalah pengujian validasi, usabilitas, dan kompatibilitas. Pada pengujian validasi menghasilkan tingkat keberhasilan 100%. Pengujian usabilitas menghasilkan success rate sebesar 82,8% pada sistem orang tua dan 91,6% pada sistem anak. Pengujian dengan metode system usability scale (SUS) menghasilkan nilai rata-rata sebesar 66 pada sistem orang tua, golongkan ke dalam kategori grade C yaitu marginal yakni berada diantara dapat diterima dan tidak. Sedangkan pada sistem anak menghasilkan nilai rata-rata sebesar 73, digolongkan ke dalam kategori grade B- yaitu acceptable yakni dapat diterima. Pengujian kompatibilitas sistem, aplikasi Daily Quest hanya dapat berjalan dengan baik pada versi android lollipop 5.0 dengan tingkatan API minimal 21.