Kampanye Komunikasi Publik #NoStrawMovement oleh Komunitas Divers Clean Action sebagai Upaya untuk Mengurangi Penggunaan Sedotan Plastik

Main Author: Azalia, Raehan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/180836/1/Raehan%20Azalia%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/180836/
Daftar Isi:
  • Salah satu isu lingkungan yang sedang menjadi permasalahan secara global adalah sampah plastik. Hal tersebut karena angka penggunaan plastik yang semakin meningkat di setiap tahunnya. Akibatnya, limbah dari penggunaan plastik berlebih tersebut dapat memicu penumpukan sampah plastik yang akan berdampak pada kelestarian ekosistem lingkungan terutama pada ekosistem laut. Salah satu komunitas yang berfokus pada kelestarian laut Indonesia yakni Divers Clean Action ingin ikut berkontribusi dalam menangani permasalahan sampah plastik ini. Divers Clean Action menginisasi gerakan sosial yang disebut dengan kampanye komunikasi publik #NoStrawMovement. Kampanye tersebut adalah sebuah upaya mengajak masyarakat untuk mulai membiasakan diri tidak lagi menggunakan sedotan plastik, yang diharapkan dapat menjadi awalan terhadap produk plastik lainnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan melalukan wawancara mendalam terhadap 2 informan yakni executive director dan communication manager dari Divers Clean Action. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam upaya kampanye komunikasi publik #NoStrawMovement, Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait isu sampah plastik dan mengurangi penggunaannya. Pesan yang ingin disampaikan adalah himbauan serta ajakan kepada masyarakat untuk membiasakan tidak lagi menggunakan sedotan plastik. Kemudian untuk target yang ingin disasar adalah seluruh masyarakat baik yang muda hingga dewasa serta restoran-restoran yang masih belum menerapkan pengurangan penggunaan produk plastik kepada konsumennya