Peran Academic Locus Of Control Internal Terhadap Selfhandicapping Pada Mahasiswa Baru

Main Author: Zaqi, Muhammad Ridhwan Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/180822/1/Muhammad%20Ridhwan%20Nur%20Zaqi%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/180822/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran academic locus of control internal terhadap self-handicapping pada mahasiswa baru. Faktor penyebab yang timbul ketika mahasiswa melakukan self-handicapping yaitu berasal dari academic locus of control internal yang dia miliki diantaranya hopelessness, distractibility, poor attitude, dan impaired planning .Hipotesis yang diajukan peneliti adalah terdapat peran academic locus of control internal terhadap self-handicapping pada mahasiswa baru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif regresi linier sederhana dengan partisipan mahasiswa baru. Teknik sampling yang digunakan peneliti adalah non probability incidental sampling. Academic locus of control internal akan diukur menggunakan Academic Locus of Control Scale, sedangkan Self-handicapping akan diukur menggunakan Self-Handicapping Scale. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif antara academic locus of control internal terhadap self-handicapping pada mahasiswa baru (R = 0,356, p<0,05)