Evaluasi Pengelolaan Strategi dan Kerangka Kerja Teknologi Informasi pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang Menggunakan COBIT 5

Main Author: Marthaningrum, Hetti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/180806/1/Hetti%20Marthaningrum%20.pdf
http://repository.ub.ac.id/180806/
Daftar Isi:
  • Kota Malang terus menggagas sistem pemerintahan dan penganggaran berbasis digital dengan tujuan untuk mencapai Malang Smart City Tahun 2020. Namun, berdasarkan evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) pada Tahun 2018, hasil yang diperoleh belum maksimal. Hal ini dikarenakan rendahnya pencapaian dari domain kebijakan internal, yaitu kurangnya kebijakan yang menjadi dasar atau payung hukum dalam implementasi SPBE. Selain itu kurangnya pemanfaatan tata kelola teknologi informasi dalam penyelanggaraan pemerintahan daerah juga mengakibatkan inefektivitas e-government. Untuk itu, Dinas Kominfo Kota Malang memerlukan acuan tata kelola TI yang efektif. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pengelolaan strategi dan kerangka kerja teknologi informasi menggunakan COBIT 5. Hasil evaluasi tersebut digunakan sebagai dasar rekomendasi perbaikan untuk menunjang peningkatan hasil evaluasi SPBE tahun berikutnya dan mendukung pencapaian Malang Smart City. Berdasarkan hasil pengukuran capability level pada proses Manage the IT Management Framework (APO01) dan Manage Strategy (APO02) keduanya mencapai level 1. Berdasarkan hasil analisis kesenjangan antara capability level dan targeted level untuk proses APO01 diberikan 13 rekomendasi tahap 1, 25 rekomendasi tahap 2, dan 24 rekomendasi tahap 3. Sedangkan pada proses APO02 diberikan 25 rekomendasi tahap 1, 25 rekomendasi tahap 2, dan 24 rekomendasi tahap 3. Setiap rekomendasi yang diberikan akan dipetakan kedalam road map yang menunjukkan rencana program atau kegiatan beserta target pencapaian untuk setiap proses yang dievaluasi. Selain itu juga disusun rekomendasi berdasarkan pedoman ITIL V3 2011 terkait The Seven-Step Improvement Process untuk proses APO01 dan Strategy Management For IT Services untuk proses APO02.