Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Reservasi SAFA Guesthouse Malang

Main Author: Susanti, Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/180804/1/Dwi%20Susanti.pdf
http://repository.ub.ac.id/180804/
Daftar Isi:
  • SAFA Guesthouse Malang merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang penyewaan kamar, dalam melakukan pemesanan pada SAFA Guesthouse Malang ada beberapa aktor yang terlihat yakni Customer dan Frontoffice. Pada SAFA Guesthouse Malang Customer dapat memesan kamar sesuai dengan keinginan pada web Airy, sehingga seluruh data pemesanan yang dilakukan secara on-line akan masuk ke pihak Airy. Dengan adanya pemesanan kamar yang dilakukan oleh Costumer maka pihak Airy akan mengirimkan detail data reservasi melalui e-mail kepada pihak SAFA Guesthouse. Proses check-in yang dilakukan oleh Customer harus didata ulang oleh pihak SAFA Guesthouse, tetapi pendataan yang dilakukan tidak secara komputerisasi melainkan dengan didata pada Excel. Airy juga menyediakan sistem untuk memanajemen data Customer, tetapi sistem tersebut banyak memiliki kekurangan diantaranya fitur untuk memanajemen data karyawan, memanajemen kebersihan kamar, memanajemen penjadwalan karyawan, manajemen logbook barang yang berkaitan dengan customer. Sehingga didasari permasalahan tersebut akan menjadi latar belakang pihak SAFA Guesthouse untuk melakukan pengembangan terhadap proses pemesanan kamar dan manajemen kegiatan. Pada penelitian ini mengimplementasikan teknologi berupa website yang bergerak pada bidang E-Commerce terkait dengan proses booking kamar yang dilakukan oleh Customer kepada pihak SAFA Guesthouse Malang. Penerapan teknologi web juga diimplementasikan untuk sistem manajemen SAFA Guesthouse, baik manajemen kamar, fasilitas, karyawan, logbook, penjadwalan karyawan dan reservasi secara langsung customer datang ke SAFA Guesthouse. Dengan adanya sistem diharapkan pihak SAFA Guesthouse tidak bergantung dengan Airy dalam memanajemen seluruh kegiatan dan pemasaran penyewaan kamar. Dalam mengembangkan web pada SAFA Guesthouse diperlukan analisis kebutuhan sehingga diperoleh 45 kebutuhan fungsional dan kebutuhan 1 kebutuhan non-fungsional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni dengan metode pengembangan Rapid Application Development, diimplementasikan menggunakan framework Laravel. Pengembangan menggunakan Rapid Application Development melibatkan 5 tahap yang harus diiterasi yakni Business Modelling, Data Modelling, Process Modelling, Application Generation dan Testing. Pemgembangan sistem pada penelitian ini menggunakan bahasa pemrograman PHP, HTML, CSS dan Javascript. Sistem selanjutnya diuji dengan pengujian unit dan pengujian integrasi pada 3 fungsi utama dan menghasilkan 100% valid. Pengujian juga dilakukan pada setiap kebutuhan sistem yakni menggunakan pengujian validasi kemudian menghasilkan 100% valid dan pengujian usability sesuai dengan jawaban dari Responden menghasilkan 79 likert yang diartikan sebagai nilai Acceptable (dapat memenuhi kebutuhan pengguna).