Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Lembar Kerja Siswa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar (Studi Pada SMK Negeri 4 Malang)

Main Author: Ma’rifah, Sila Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/180802/1/Sila%20Nur%20Ma%E2%80%99rifah.pdf
http://repository.ub.ac.id/180802/
Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini, adanya proses pembelajaran yang berlangsung di Kelas X Jurusan Multimedia SMK Negeri 4 Malang yaitu proses pembelajaran terpusat pada penjelasan guru yang menggunakan media power point. Dalam belajar, siswa memanfaatkan power point dan catatan masing-masing. Hasil dari tugas yang diberikan oleh guru belum cukup baik. Tujuan dari penelitian ini yaitu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pemrograman Dasar dengan adanya penerapan Problem Based Learning berbantuan Lembar Kerja Siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian Quasi Eksperiment dengan desain penelitian Non Equivalent Control Group Design dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Jurusan Multimedia kelas X-MM-A dan X-MM-B. Kelas X-MM-A merupakan kelas unggulan dan kelas X-MM-B merupakan kelas paling bawah dari tiga kelas yang ada. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes berupa soal Pre Test dan Post Test untuk pengetahuan siswa dan menggunakan praktikum untuk keterampilan siswa. Teknik pengolahan data menggunakan Uji Wilcoxon dan Uji Mann-Whitney untuk melakukan uji hipotesis berdasarkan data penelitian yang diperoleh. Hasil penelitian ini yaitu hasil belajar pada pengetahuan siswa dengan adanya penerapan Problem Based Learning dengan ataupun tanpa bantuan Lembar Kerja Siswa mengalami peningkatan dan hasil belajar pada pengetahuan dan keterampilan siswa dengan adanya penerapan Problem Based Learning dengan ataupun tanpa bantuan Lembar Kerja Siswa adalah sama. Bukti peningkatan hasil belajar pada pengetahuan siswa dengan adanya penerapan Problem Based Learning dengan ataupun tanpa bantuan Lembar Kerja Siswa yaitu memperoleh hasil yang lebih kecil dari taraf signifikan yang digunakan sebesar 0,05. Bukti hasil belajar pada pengetahuan dan keterampilan siswa yang sama dengan adanya penerapan Problem Based Learning dengan ataupun tanpa bantuan Lembar Kerja Siswa yaitu memperoleh memperoleh hasil yang lebih besar dari taraf signifikan yang digunakan sebesar 0,05.