Adaptasi Mahasiswa Tuli Universitas Brawijaya dalam Penyusunan Skripsi Melalui Pendampingan oleh Pusat Studi dan Layanan Disabilitas

Main Author: Puteri, Lennye Jumiaty
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/180799/7/Lennye%20Jumiaty%20Puteri%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/180799/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas tentang adaptasi Mahasiswa Tuli melalui pendampingan skripsi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyesuaian diri Mahasiswa Tuli Universitas Brawiijaya dalam penyusunan skripsi serta peran pendamping Pusat Studi dan Layanan Disabilitas. Teori yang digunakan adalah adaptasi dari Bennet. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisa kualitatif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tuli melakukan penyesuaian dengan mengubah kebiasaan yaitu melibatkan tutor saat bimbingan, setiap hari ke PSLD, mencari dan memilih jurnal di internet, membiasakan membaca dan paham, serta membuka kamus dan bertanya. Tujuannya mengatasi perbedaan tatabahasa. Selain itu, penyesuaian dilakukan dengan membuka internet dan menanyakan istilah kepada tutor, membuat ulang skripsi, melibatkan dosen saat mengalami kebuntuan serta mengandalkan tutor dalam memahami penjelasan dosen dan literatur, mencari dan memilih literatur, memperbaiki redaksi dan substansi tulisan, menjelaskan maksud pada dosen. Tujuannya mengatasi hambatan literasi kaitannya dengan baca dan tulis. Sedangkan untuk membangun logika, penyesuaian level individu dilakukan dengan mempelajari panduan skripsi, pembuatan kerangka tulisan dan judul, pencarian dan pemilihan jurnal, menuliskan pemahaman terhadap literatur, serta meniru logika berpikir penelitian sejenis. Terakhir, pembangunan logika level kelompok dilakukan bersama tutor dengan cara diskusi judul dan substansi tulisan, serta arahan tutor dalam tatacara penulisan dan alur