Pemasaran Politik Kandidat Perempuan Dalam Pemilu ( Studi pada Calon Legislatif Perempuan Terpilih dari Partai Gerindra, PKB, dan PDI-Perjuangan pada Pemilu DPRD Kota Batu 2019)

Main Author: Ramadhan, Muhamad Abiyyu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/180743/7/Muhamad%20Abiyyu%20Ramadhan%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/180743/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas mengenai marketing politik tiga calon legislatif perempuan terpilih di Kota Batu yaitu Dewi Kartika (PKB), Amirah Ghaida Dayanara (PDIP), dan Katarina Dian Nefiningtyas (Gerindra) untuk merebur satu buah kursi dari 30 kursi di DPRD Kota batu. Penelitian ini memakai teori marketing politik model Adman Nursal sebagai pisau analisis untuk membahas strategi pemenangan yang dilakukan untuk meraih kekuasaan dan Konsep Gender untuk menganalisis Kontruksi Gender yang ada dalam proses strategi pemeanangan. Untuk metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif, serta untuk penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Dalam pembahasan skripsi ini dijelaskan bahwa setiap caleg perempuan terpilih mempunyai cara yang berbeda dalam memenangkan pemilu ditinjau daru indikator teori marketing politik model Adman Nursal yaitu (Segmenting, Targeting , Positioning, dan Push, Pull and Pass Marketing). Push Marketing adalah cara yang paling diandalakan oleh Dewi Kartika (PKB) dan Amirah Ghaida Dayanara (PDI-P) dalam pemenangan dengan cara turun langsung ke masyarakat untuk meraih suara sementara Katarina Dian (Gerindra) lebih mengandalkan tim pemenangannya untuk turun langsung ke masyarakat untuk menjaga basis masa pemilih pada pemilu sebelumnya. Kontruksi gender yang digunakan dalam pemilu ada dalam setiap program calon tetapi tidak menjadi isu andalan dalam pemenangan. Kontruksi gender hanya dominan dalam positioning politik berupa program dan penguatan citra dari sosok calon legislatif terpilih.