Pengaruh Kredibilitas Gadgetin Sebagai Reviewer Gadget Di Youtube Terhadap Minat Pembelian Gadget Khalayak Youtube

Main Author: Yudianto, Rizky Utomo
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/180726/1/Rizky%20Utomo%20Yudianto%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/180726/
Daftar Isi:
  • YouTube berkembang menjadi salah satu sumber konten berbasis video paling terkemuka di dunia dengan miliaran pencarian video setiap bulannya. Dari beragam tipe konten video yang tersedia, video ulasan produk gadget secara profesional oleh figur pengulas dianggap sebagai peluang menjanjikan untuk meningkatkan jumlah tayangan dan khalayak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa apakah kredibilitas sumber pesan mampu mempengaruhi minat pembelian. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksplanatif dengan variabel independen (X) kredibilitas sumber yang diukur melalui dimensi tingkat keahlian, daya tarik fisik, dan kepercayaan, sedangkan variabel dependen (Y) minat pembelian yang diukur melalui minat transksional, eksploratif, referensial, dan preferensial. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear sederhana. Serangkaian pernyataan pada kuesioner seputar pengaruh dimensi-dimensi kredibilitas figur pengulas terhadap minat pembelian dari 2832 pelanggan saluran video figur pengulas di YouTube telah diteliti. Hasilnya menunjukkan bahwa ketiga dimensi kredibilitas tersebut memiliki hubungan positif terhadap minat pembelian meskipun ketiganya tidak bernilai signifikan. Figur pengulas dinyatakan lebih atraktif oleh para responden. Penelitian kredibilitas figur pengulas produk di YouTube dan pengaruhnya terhadap minat pembelian termasuk jarang diteliti, sehingga penelitian ini memunculkan nilai kebaruan pada ranah studi akademis. Satu faktor yang menjadikan penelitian ini unik di Indonesia, dimana figur pengulas dalam penelitian ini tergolong populer dengan jutaan pelanggan, adalah kurangnya studi yang ingin mengukur efektifitas metode penelitian ini