Pengaruh Program Pendidikan Pemilih Rumah Pintar Pemilu Warok Terhadap Pemahaman dan Partisipasi Pemilu pada Pemilih Pemula Tahun 2019
Main Author: | Herdiarto, Nugroho Priyo |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/180704/1/Nugroho%20Priyo%20Herdiarto%20%282%29.pdf http://repository.ub.ac.id/180704/ |
Daftar Isi:
- Pendidikan pemilih sangat penting bagi pemilih pemula karena dengan memberikan pendidikan pemilih kepada mereka nantinya dapat menjadi bekal pemilih pemula untuk memberikan hak suaranya. Selain itu, pendidikan pemilih diharapkan mampu meningkatkan partisipasi pemilih pemula untuk memberikan hak suaranya pada saat pemilu berlangsung, sehingga dengan adanya pendidikan pemilih ini diharapakan dapat memperkecil rendahnya angka golput pada pemilih pemula. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendidikan pemilih rumah pintar pemilu terhadap pemahaman dan partisipasi pemilu pada pemilih pemula. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kausal asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SMA 1 Muhammadiyah Kabupaten Ponorogo. Penyebaran sampel menggunakan teknik purposive sampling dilakukan di kelas X, XI, dan XII dengan jumlah responden sebanyak 243 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur dan uji hipotesis (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan pemilih rumah pintar pemilu berpengaruh signifikan terhadap partisipasi dalam pemilu, pendidikan pemilih rumah pintar pemilu berpengaruh signifikan terhadap pemahaman tentang pemilu, dan partisipasi dalam pemilu berpengaruh signifikan terhadap terhadap pemahaman tentang pemilu. Pendidikan pemilih rumah pintar pemilu memiliki pengaruh langsung terhadap pemahaman tentang pemilu sebesar 23,7% sedangkan pengaruh tidak langsung melalui partisipasi dalam pemilu sebesar 76,5%. Variabel pendidikan pemilih rumah pintar pemilu memiliki pengaruh sebagai variabel mediator. Semakin kuat partisipasi siswa dalam pemilu maka semakin baik pemahaman siswa tentang pemilu.