Do people’s self-view matter?: Hubungan antara Academic Self-Concept dan College Adjustment pada Mahasiswa Baru

Main Author: Fatin, Aliyah Arika
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/180673/1/Aliyah%20Arika%20Fatin%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/180673/
Daftar Isi:
  • Penyesuaian diri terhadap lingkungan perguruan tinggi (college adjustment) merupakan tantangan tersendiri bagi mahasiswa baru. Ketidakmampuan dalam menghadapi tantangan tersebut dapat mengakibatkan masalah mental, sosial, akademik, hingga berujung pada drop out. Hal ini terkait dengan academic selfconcept yang dapat membantu untuk mempengaruhi kemampuan individu menghadapi masalah dengan memberikan respon secara emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara academic self-concept dan college adjustment pada mahasiswa baru. Teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 1354 mahasiswa baru. Penelitian menggunakan metode kuantitatif korelasional Pearson Product Moment. Instrumen yang digunakan adalah Academic Self-Concept Scale (ASCS) dan Inventory of New College Student Adjustment (INCA) melalui proses transadaptasi skala yang telah diujicobakan. Analisis data dilakukan menggunakan Statistical Package for The Social Sciences 25.0 version for Windows. Hasil data yang diperoleh menjelaskan adanya hubungan yang signifikan antara academic selfconcept dan college adjustment pada mahasiswa baru. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi academic self-concept, maka semakin tinggi pula college adjustment pada mahasiswa baru.