Perempuan dan Politik Marketing Politik Tim Pemenangan Pasangan Mundjidah Wahab dan Sumrambah pada Pilkada Kabupaten Jombang 2018

Main Author: Prastiwi, Eka Putri Enggar
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/180623/1/Eka%20Putri%20Enggar%20Prastiwi.pdf
http://repository.ub.ac.id/180623/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan marketing politik tim pemenangan pasangan Mundjidah Wahab-Sumbrambah dalam pemenangan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Jombang tahun 2018. Calon Bupati Mundjidah Wahab ini sebelumnya adalah Wakil Bupati Kabupaten Jombang periode 2013-2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui marketing politik tim pemenangan dan tantangan apa saja yang didapat serta penyampaian isu-isu gender dan perempuan yang dilakukan oleh pasangan Mundjidah Wahab-Sumrambah dalam memenangkan Pilkada Bupati Kabupaten Jombang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskripif. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori marketing politik Nursal. Hasil penelitian ini adalah pasangan Mundjidah Wahab-Sumrambah melakukan segmentasi pada semua kalangan sehingga dapat memanipulasi pasar untuk memaksimalkan kampanye. Pada proses targeting yang diharapkan adalah mampu memberikan kemenangan yang mutlak karena dukungan massa yang cukup banyak. Tim pemenangan mampu melakukan positioning pada masyarakat dengan produk-produk politik yang baru. Produk politik yang di usung pasangan Mundjidah Wahab-Sumrambah adalah Jombang Bersatu dan Anti Pungli. Faktor kemenangan pasangan Mundjidah Wahab-Sumrambah adalah kepribadian dan bakat pemimpin kedua calon Bupati dan Wakil Bupati. Serta pengoptimalan PPP dan Demokrat dan partai pendukung yang mampu menyakinkan pemilih. Tim pemenangan bersiap siaga dalam setiap kegiatan. Isu-isu yang dibawa tidak hanya tentang perempuan dan gender tetapi menyeluruh, membangun Kabupaten Jombang yang lebih baik lagi.