Evaluasi Usability pada Aplikasi Perbankan Jenius Dengan Menggunakan Metode Usability Testing

Main Author: Nissa, Khairien
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/180613/1/Khairien%20Nissa.pdf
http://repository.ub.ac.id/180613/
Daftar Isi:
  • Dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif untuk mendapatkan keuntungan, Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) berusaha memberikan layanan terbaik yang mampu menunjang kebutuhan pelanggannya, salah satunya Aplikasi Perbankan Jenius. Aplikasi Perbankan Jenius adalah layanan yang membantu penggunanya untuk melakukan aktivitas finansial seperti menabung, bertransaksi, atau mengatur keungan dengan lebih aman dan tampilan yang lebih menarik, namun terdapat permasalahan usability yang ditemukan melalui observasi dan wawancara diantaranya tata letak fitur yang kurang tepat dan kata-kata yang tidak familiar bagi awam. Perlu dilakukan penelitian dengan tiga tahapan yaitu tahap pertama melakukan evaluasi awal untuk mengukur metrik learnability, efficiency, error dengan metode Usability Testing dan satisfaction dengan LEMtool– Measuring Emotions in Visual Interfaces lalu ditemukan 7 permasalahan dari 10 task scenario yang diujikan, tahap kedua memberikan rekomendasi perbaikan desain antarmuka yang didasarkan pada hasil tingkah laku dan wawancara serta mengikuti guidelines yang diambil dari jurnal dan web, tahap ketiga melakukan evaluasi kedua terhadap rekomendasi perbaikan yang telah dibuat serta membandingkan hasil pengukuran metrik usability dengan hasil pengukuran metrik usability pada pengujian awal. Rekomendasi aplikasi yang diberikan dapat memberikan peningkatan pada metrik learnability dari 64% menjadi 87%, peningkatan pada metrik efficiency dari 0,02 goals/sec menjadi 0,05 goals/sec, penurunan pada metrik error dari 30% menjadi 6% dan peningkatan ada metrik satisfaction dari 56% menjadi 84%.