Pengembangan Aplikasi Penyedia Buku Online Berbasis Android Menggunakan Metode Prototyping (Studi Kasus: Universitas Brawijaya)

Main Author: Sari, Linda Shintya
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/180606/1/Linda%20Shintya%20Sari%20.pdf
http://repository.ub.ac.id/180606/7/Linda%20Shintya%20Sari%20.pdf
http://repository.ub.ac.id/180606/
Daftar Isi:
  • Budaya literasi baik nasional maupun di kota Malang masih rendah, untuk meningkatkan minat baca masyarakat baik anak-anak maupun orang dewasa terbentuklah komunitas literasi di Kota Malang salah satunya yaitu Komunitas Jendela yang menerima donasi baik uang maupun buku yang akan disumbangkan kepada anak didik tingkat SD yang membutuhkan buku. Tidak hanya anak-anak, mahasiswa juga memiliki kebutuhan terhadap buku untuk menunjang proses perkuliahan, cara yang digunakan oleh mahasiswa untuk memenuhi kebutuhan akan bukunya juga beragam, ada yang memilih membeli buku yang dibutuhkan, ada juga yang memilih meminjam kepada teman. Untuk buku yang sudah tidak terpakai, mahasiswa memilih untuk mengoleksi bukunya, atau mendonasikan bukunya. Permasalahan yang ada pada mahasiswa Universitas Brawijaya minimnya relasi yang bersedia melakukan serta minim informasi untuk menemukan orang yang memiliki buku yang sesuai dengan kebutuhan, jika dalam transaksi pinjam permasalahannya yaitu terlambat mengembalikan sesuai waktu yang disepakati di awal. Sedangkan kendala yang dihadapi Komunitas Jendela Malang yaitu tidak bisa melakukan seleksi terhadap donasi buku yang akan diterima. Solusi dari permasalahan tersebut maka dikembangkan aplikasi berbasis mobile sebagai penyedia buku secara online dimana aplikasi yang akan diimplementasikan memiliki fungsi untuk melakukan barter, pinjam, atau mendonasikan bukunya kepada Komunitas Jendela Malang. Analisis kebutuhan pada aplikasi ini menghasilkan 28 kebutuhan fungsional dan 2 kebutuhan non fungsional, yang dirancang dan diimplementasikan menggunakan metode prototyping dengan dua kali iterasi pada perancangan antarmuka. Hasil implementasi akan diuji melalui pengujian unit, pengujian validasi, pengujian compatibility, dan pengujian usability. Dari 3 fungsi yang diuji dengan pengujian unit dan dari 28 kebutuhan fungsional yang diuji dengan pengujain validasi didapatkan hasil valid bahwa aplikasi dikembangkan sesuai kebutuhan yang telah didefinisikan, dari pengujian compatibility melalui Firebase Test Lab didapatkan hasil valid bahwa aplikasi dapat berjalan pada Android versi Lollipop hingga Pie, serta pengujian usability didapat nilai SUS sebesar 75 yang dikategorikan acceptable dan dapat disimpulkan bahwa aplikasi dapat diterima oleh calon pengguna.