Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Lelenesia (Marketplace Penjualan Lele) Menggunakan Metode Design Thinking
Main Author: | Rusanty, Dara Adhelia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/180596/7/Dara%20Adhelia%20Rusanty%20.pdf http://repository.ub.ac.id/180596/ |
ctrlnum |
180596 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/180596/</relation><title>Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Lelenesia
(Marketplace Penjualan Lele) Menggunakan Metode Design Thinking.</title><creator>Rusanty, Dara Adhelia</creator><subject>003.3 Computer modeling and simulation</subject><description>PT. MaksiPlus Utama Indonesia merupakan perusahaan distribusi yang bergerak
di bidang pertanian, perikanan, dan peternakn di Indonesia. Pihak PT. MaksiPlus
Utama Indonesia menginginkan adanya marketplace penjualan ikan lele bernama
Lelenesia yang nantinya dapat menciptakan rantai suplai yang kuat antara
pembudidaya ikan lele, penjual ikan lele olahan, dan konsumen akhir. Berdasarkan
permasalahan di atas, penulis memberikan sebuah solusi dengan merancang user
experience dari aplikasi berbasis mobile Lelenesia yang menciptakan hasil akhir
berupa prototype high-fidelity. Sehingga dengan adanya perancangan ini, dapat
mempermudah masyarakat dalam melakukan jual beli ikan dengan mudah dan
dapat meningkatkan perekonomian Indonesia. Proses perancangan ini
menggunakan metode design thinking, di mana terdapat lima tahapan yaitu
empathize, define, ideate, prototype, dan validate. Pengujian pada penelitian ini
akan mencapai aspek learnability, efficiency, dan satisfaction dengan menggunakan
usability testing dengan task scenario dan system usability scale. Berdasarkan hasil
pengujian tersebut untuk sistem konsumen diperoleh nilai 85 yang di mana masuk
ke dalam karakteristik tingkat acceptability tinggi, grade scale sama dengan B, dan
adjective rating tergolong excellent. Untuk sistem penjual olahan didapat nilai 85,5
yang di mana masuk ke dalam karakteristik tingkat acceptability tinggi, grade scale
sama dengan B, dan adjective rating tergolong excellent. Sedangkan pada sistem
pembudidaya, diperoleh angka 84 di mana tergolong ke dalam karakteristik tingkat
acceptability tinggi, grade scale sama dengan B, dan adjective rating tergolong
excellent.</description><date>2020-01-03</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/180596/7/Dara%20Adhelia%20Rusanty%20.pdf</identifier><identifier> Rusanty, Dara Adhelia (2020) Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Lelenesia (Marketplace Penjualan Lele) Menggunakan Metode Design Thinking. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FILKOM/2020/61/052003023</relation><recordID>180596</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Rusanty, Dara Adhelia |
title |
Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Lelenesia
(Marketplace Penjualan Lele) Menggunakan Metode Design Thinking |
publishDate |
2020 |
topic |
003.3 Computer modeling and simulation |
url |
http://repository.ub.ac.id/180596/7/Dara%20Adhelia%20Rusanty%20.pdf http://repository.ub.ac.id/180596/ |
contents |
PT. MaksiPlus Utama Indonesia merupakan perusahaan distribusi yang bergerak
di bidang pertanian, perikanan, dan peternakn di Indonesia. Pihak PT. MaksiPlus
Utama Indonesia menginginkan adanya marketplace penjualan ikan lele bernama
Lelenesia yang nantinya dapat menciptakan rantai suplai yang kuat antara
pembudidaya ikan lele, penjual ikan lele olahan, dan konsumen akhir. Berdasarkan
permasalahan di atas, penulis memberikan sebuah solusi dengan merancang user
experience dari aplikasi berbasis mobile Lelenesia yang menciptakan hasil akhir
berupa prototype high-fidelity. Sehingga dengan adanya perancangan ini, dapat
mempermudah masyarakat dalam melakukan jual beli ikan dengan mudah dan
dapat meningkatkan perekonomian Indonesia. Proses perancangan ini
menggunakan metode design thinking, di mana terdapat lima tahapan yaitu
empathize, define, ideate, prototype, dan validate. Pengujian pada penelitian ini
akan mencapai aspek learnability, efficiency, dan satisfaction dengan menggunakan
usability testing dengan task scenario dan system usability scale. Berdasarkan hasil
pengujian tersebut untuk sistem konsumen diperoleh nilai 85 yang di mana masuk
ke dalam karakteristik tingkat acceptability tinggi, grade scale sama dengan B, dan
adjective rating tergolong excellent. Untuk sistem penjual olahan didapat nilai 85,5
yang di mana masuk ke dalam karakteristik tingkat acceptability tinggi, grade scale
sama dengan B, dan adjective rating tergolong excellent. Sedangkan pada sistem
pembudidaya, diperoleh angka 84 di mana tergolong ke dalam karakteristik tingkat
acceptability tinggi, grade scale sama dengan B, dan adjective rating tergolong
excellent. |
id |
IOS4666.180596 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2021-10-28T07:03:24Z |
last_indexed |
2021-10-28T07:03:24Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751453875240435712 |
score |
17.538404 |