Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Lelenesia (Marketplace Penjualan Lele) Menggunakan Metode Design Thinking

Main Author: Rusanty, Dara Adhelia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/180596/7/Dara%20Adhelia%20Rusanty%20.pdf
http://repository.ub.ac.id/180596/
ctrlnum 180596
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/180596/</relation><title>Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Lelenesia&#xD; (Marketplace Penjualan Lele) Menggunakan Metode Design Thinking.</title><creator>Rusanty, Dara Adhelia</creator><subject>003.3 Computer modeling and simulation</subject><description>PT. MaksiPlus Utama Indonesia merupakan perusahaan distribusi yang bergerak&#xD; di bidang pertanian, perikanan, dan peternakn di Indonesia. Pihak PT. MaksiPlus&#xD; Utama Indonesia menginginkan adanya marketplace penjualan ikan lele bernama&#xD; Lelenesia yang nantinya dapat menciptakan rantai suplai yang kuat antara&#xD; pembudidaya ikan lele, penjual ikan lele olahan, dan konsumen akhir. Berdasarkan&#xD; permasalahan di atas, penulis memberikan sebuah solusi dengan merancang user&#xD; experience dari aplikasi berbasis mobile Lelenesia yang menciptakan hasil akhir&#xD; berupa prototype high-fidelity. Sehingga dengan adanya perancangan ini, dapat&#xD; mempermudah masyarakat dalam melakukan jual beli ikan dengan mudah dan&#xD; dapat meningkatkan perekonomian Indonesia. Proses perancangan ini&#xD; menggunakan metode design thinking, di mana terdapat lima tahapan yaitu&#xD; empathize, define, ideate, prototype, dan validate. Pengujian pada penelitian ini&#xD; akan mencapai aspek learnability, efficiency, dan satisfaction dengan menggunakan&#xD; usability testing dengan task scenario dan system usability scale. Berdasarkan hasil&#xD; pengujian tersebut untuk sistem konsumen diperoleh nilai 85 yang di mana masuk&#xD; ke dalam karakteristik tingkat acceptability tinggi, grade scale sama dengan B, dan&#xD; adjective rating tergolong excellent. Untuk sistem penjual olahan didapat nilai 85,5&#xD; yang di mana masuk ke dalam karakteristik tingkat acceptability tinggi, grade scale&#xD; sama dengan B, dan adjective rating tergolong excellent. Sedangkan pada sistem&#xD; pembudidaya, diperoleh angka 84 di mana tergolong ke dalam karakteristik tingkat&#xD; acceptability tinggi, grade scale sama dengan B, dan adjective rating tergolong&#xD; excellent.</description><date>2020-01-03</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/180596/7/Dara%20Adhelia%20Rusanty%20.pdf</identifier><identifier> Rusanty, Dara Adhelia (2020) Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Lelenesia (Marketplace Penjualan Lele) Menggunakan Metode Design Thinking. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FILKOM/2020/61/052003023</relation><recordID>180596</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Rusanty, Dara Adhelia
title Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Lelenesia (Marketplace Penjualan Lele) Menggunakan Metode Design Thinking
publishDate 2020
topic 003.3 Computer modeling and simulation
url http://repository.ub.ac.id/180596/7/Dara%20Adhelia%20Rusanty%20.pdf
http://repository.ub.ac.id/180596/
contents PT. MaksiPlus Utama Indonesia merupakan perusahaan distribusi yang bergerak di bidang pertanian, perikanan, dan peternakn di Indonesia. Pihak PT. MaksiPlus Utama Indonesia menginginkan adanya marketplace penjualan ikan lele bernama Lelenesia yang nantinya dapat menciptakan rantai suplai yang kuat antara pembudidaya ikan lele, penjual ikan lele olahan, dan konsumen akhir. Berdasarkan permasalahan di atas, penulis memberikan sebuah solusi dengan merancang user experience dari aplikasi berbasis mobile Lelenesia yang menciptakan hasil akhir berupa prototype high-fidelity. Sehingga dengan adanya perancangan ini, dapat mempermudah masyarakat dalam melakukan jual beli ikan dengan mudah dan dapat meningkatkan perekonomian Indonesia. Proses perancangan ini menggunakan metode design thinking, di mana terdapat lima tahapan yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan validate. Pengujian pada penelitian ini akan mencapai aspek learnability, efficiency, dan satisfaction dengan menggunakan usability testing dengan task scenario dan system usability scale. Berdasarkan hasil pengujian tersebut untuk sistem konsumen diperoleh nilai 85 yang di mana masuk ke dalam karakteristik tingkat acceptability tinggi, grade scale sama dengan B, dan adjective rating tergolong excellent. Untuk sistem penjual olahan didapat nilai 85,5 yang di mana masuk ke dalam karakteristik tingkat acceptability tinggi, grade scale sama dengan B, dan adjective rating tergolong excellent. Sedangkan pada sistem pembudidaya, diperoleh angka 84 di mana tergolong ke dalam karakteristik tingkat acceptability tinggi, grade scale sama dengan B, dan adjective rating tergolong excellent.
id IOS4666.180596
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-28T07:03:24Z
last_indexed 2021-10-28T07:03:24Z
recordtype dc
_version_ 1751453875240435712
score 17.538404