Pengembangan Sistem Informasi Penilaian Hasil Belajar Siswa Berbasis Web pada SMA Brawijaya Smart School

Main Author: Masyruhatin, Siti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/180595/1/Siti%20Masyruhatin.pdf
http://repository.ub.ac.id/180595/
Daftar Isi:
  • Penilaian merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam suatu proses belajar-mengajar dalam pendidikan. Menurut Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016, penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Pendidik perlu melaporkan hasil penilaiannya setelah melakukan penilaian. Laporan tersebut dibuat untuk dapat mengevaluasi hasil belajar peserta didik. Evaluasi hasil belajar peserta didik dilakukan oleh pendidik untuk memantau proses, kemajuan, dan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan (UU RI Nomor 20 tahun 2003). Setiap tahunnya, jumlah peserta didik SMA Brawijaya Smart School rata-rata mencapai 450 orang dan jumlah pendidik mencapai 34 orang. Dengan banyaknya jumlah peserta didik dan pendidik tersebut, SMA Brawijaya Smart School masih menggunakan Microsoft Excel dalam penilaian hasil belajar siswa. Bagian tata usaha harus menyalin satu persatu file penilaian yang telah dibuat oleh pendidik ke dalam suatu leger sebelum dilakukan konversi ke dalam format rapor. Hal tersebut akan menyita banyak waktu dan tenaga. Sistem informasi penilaian hasil belajar siswa menyediakan fasilitas yang dapat membuat rapor secara otomatis dimana pendidik dapat langsung memasukkan nilai ke dalam sistem sehingga bagian tata usaha dapat langsung mencetak rapor. Pengembangan sistem informasi menggunakan waterfall model dan menggunakan pemodelan Unified Modeling Language (UML) untuk mempermudah memahami perancangan terhadap perangkat lunak yang dibangun. Analisis kebutuhan menghasilkan 20 fitur sistem, 43 kebutuhan fungsional dan 2 kebutuhan fugsional yang kemudian dimodelkan kedalam use case diagram dan use case scenario. Perancangan sistem pada penelitian ini menghasilkan class diagram yang terdiri dari 18 class controller dan 18 class model, menghasilkan sequence diagram dan 19 tabel pada Physical Data Model selain itu menghasilkan rancangan antarmuka. Tahap implementasi sistem menghasilkan kode program dan implementasi antarmuka yang telah dirancang. Pengujian sistem dilakukan menggunakan blackbox testing compatibility testing dan User Acceptance Testing. Pengujian blackbox menghasilkan 70 kasus uji dengan hasil 100% valid. sedangkan pengujian compatibility menghasilkan beberapa minor dan major issues pada beberapa browser yang disebabkan beberapa property CSS yang tidak kompatibel. Sedangkan pada pengujian User Acceptance Testing mempunyai hasil sebesar 82% yang berarti sistem informasi penilaian hasil belajar siswa sangat diterima oleh pengguna.