Pengaruh Program Diabetes Self-Management Education (DSME) Terhadap Kepatuhan dan Ketepatan Pemberian Insulin pada Anak Remaja Usia 12-18 Tahun Penderita Diabetes Mellitus Tipe 1 di IKADAR (Ikatan Keluarga Diabetisi Anak dan Remaja) Malang
Main Author: | -, Said |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/180542/1/MAJALAH%20TUGAS%20AKHIR.pdf http://repository.ub.ac.id/180542/2/Said.pdf http://repository.ub.ac.id/180542/ |
Daftar Isi:
- Diabetes mellitus tipe-1 adalah DM yang terjadi akibat proses autoimun yang merusak sel-β pancreas sehingga produksi insulin berkurang bahkan terhenti. Anak dengan DM tipe 1 cepat sekali menjurus ke dalam ketoasidosis diabetic yang disertai atau tanpa koma. Untuk mencapai sasaran dan tujuan tersebut, komponen pengelolaan DM tipe-1 salah satunya ialah pemberian insulin. Ketidakpatuhan dan ketidaksepahaman pasien dalam menjalankan terapi merupakan salah satu penyebab kegagalan terapi. Untuk mencapai keberhasilan pengelolaan DM, dibutuhkan penanganan DM secara mandiri dan berkelanjutan atau yang dikenal sebagai Diabetes Self Management Education (DSME). DSME merupakan bagian dari pendidikan kesehatan yang tidak hanya melibatkan pengetahuan dan ketrampilan, tetapi juga konseling psikologis jika diperlukan untuk memfasilitasi gaya hidup. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh program DSME terhadap kepatuhan dan ketepatan pemberian insulin pada anak remaja usia 12-18 tahun penderita diabetes mellitus tipe I di IKADAR (Ikatan Keluarga Diabetisi Anak dan Remaja) Malang. Desain yang digunakan yaitu quasi experiment dengan metode one group pretest and posttest design sebanyak 22 responden. Instrument penelitian yang digunakan yaitu kuesioner tertutup MIAS-8 dan Lembar observasi 5 benar. Hasil analisa pengaruh program DSME menggunakan SPSS 16 uji wilcoxon sebelum dan sesudah pelatihan terhadap kepatuhan dengan (α=0,05) didapatkan p value = 0,345 (p value > α), sehingga H1 ditolak dan dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh pelatihan DSME terhadap kepatuhan pemberian insulin. Dan untuk hasil pengaruh program DSME menggunakan SPSS 16 uji McNemar sebelum dan sesudah pelatihan terhadap ketepatan dengan (α=0,05) didapatkan p value = 0,035 (p value < α), H1 diterima dan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh ketepatan responden dalam pemberian insulin setelah pelatihan program DSME. Saran bagi peneliti selanjutnya yakni diharapkan dapat mengendalikan faktor-faktor lain yang berpengaruh terhadap tingkat kepatuhan dan ketepatan responden sebelum dan sesudah pelatihan program Diabetes Self- Management Education (DSME).