Analisis Positioning Bebek Goreng Berdasarkan Bauran Pemasaran Dengan Metode Multidimensional Scalling (Studi Kasus Di Bebek Goreng H. Slamet, Malang)
Main Author: | Tunjung, Devinta Bunga |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/180497/1/DEVINTA%20BUNGA%20TUNJUNG%20%282%29.pdf http://repository.ub.ac.id/180497/ |
Daftar Isi:
- Berjalannya era globalisasi mengakibatkan pertumbuhan ekonomi dan menyebabkan terjadinya perubahan gaya hidup serta pola konsumsi masyarakat. Saat ini masyarakat cenderung memilih untuk membeli makanan di luar daripada harus memasak sendiri di rumah, dengan alasan lebih praktis dan ekonomis. Salah satu produk makanan yang digemari masyarakat dan sering dijumpai adalah bebek goreng. Rumah makan Bebek H. Slamet merupakan salah satu rumah makan yang menyediakan menu bebek goreng. Masih banyak rumah makan lain yang sejenis dan menyediakan menu bebek goreng, namun yang dianggap paling bersaing dengan Bebek H. Slamet adalah rumah makan Bebek Sinjay. Persaingan merupakan persoalan yang tidak dapat dihindari terutama dalam pasar yang makin kompetitif. Masing-masing rumah makan akan berupaya untuk memperlihatkan keunggulan produknya dan berusaha untuk menempati posisi sebagai pemimpin pasar. Salah satu usaha untuk mengetahui posisi suatu produk adalah melakukan analisis positioning. Mengingat pentingnya mengetahui posisi persaingan pasar, rumah makan Bebek H. Slamet perlu melakukan analisis positioning untuk mengetahui posisi produk berdasarkan penilaian konsumen, sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen yang lebih baik daripada pesaingnya. Penelitian ini menggunakan metode Multidimensional Scaling (MDS) yang bertujuan untuk memetakan persepsi konsumen dan menganalisis posisi persaingan antar produk bebek goreng di Kota Malang. Variabel yang digunakan yaituviii Bauran Pemasaran 4P (Product, Price, Place, Promotion). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kepentingan konsumen terhadap produk Bebek Goreng di Kota Malang, serta menganalisis posisi persaingan produk Bebek Goreng H. Slamet dibandingkan dengan pesaingnya. Hasil dari Analisis Multidimensional Scaling didapatkan koordinat peta posisi dari masing-masing rumah makan yang dinyatakan dalam 2 dimensi. Nilai tersebut menunjukkan kemiripan dan jarak nilai kedekatan antar rumah makan bebek goreng. Hasil tersebut kemudian dinyatakan dalam peta posisi bebek goreng H. Slamet. Berdasarkan peta posisi tersebut didapatkan hasil yaitu keempat variabel seluruhnya terdapat di kuadran 1. Variabel produk terletak pada angka terbesar dari dimensi 1, sedangkan variabel harga, tempat, dan promosi posisinya berdekatan dan terletak pada angka terbesar dari dimensi 2.