Analisis Pengaruh Logo Halal Dan Dimensi Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Di Sentra Industri Keripik Tempe Sanan, Malang)

Main Author: Kusumastuti, Nastiti Putri Ayu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/180495/1/NASTITI%20PUTRI%20AYU%20KUSUMASTUTI%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/180495/
Daftar Isi:
  • Populasi muslim di Asia saat ini mencapai angka 1 miliyar. Sejalan tingginya populasi muslim tersebut, permintaan pangan halal meningkat pesat. Salah satu bentuk usaha untuk memenuhi permintaan pangan konsumen muslim ialah UKM. Sentra industri Sanan di Kota Malang memproduksi produk berupa keripik tempe. Beberapa produk keripik tempe telah mencantumkan logo halal pada kemasan, adapula yang belum mencantumkan. Secara umum dalam membeli suatu produk, konsumen muslim memiliki sikap positif terhadap produk berlabel halal. Selain itu, kualitas produk juga mempengaruhi keputusan pembelian. Karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh logo halal dan dimensi kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen pada UKM yang tersertifikasi halal dan belum tersertifikasi halal. Variabel penelitian ini adalah logo halal (X1), performance (X2), conformance (X3), durability (X4), aesthetics (X5), dan keputusan pembelian (Y). Data diambil melalui kuisoner ke konsumen keripik tempe di Sanan. Data dianalisis menggunakan metode Partial Least Square (PLS). Hasil analisis menunjukkan bahwa keripik tempe yang tersertifikasi halal, variabel durability tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Variabel yang menunjukkan pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen ialah logo halal, performance, conformance, dan aesthetics. Pada keripik tempe yang belum tersertifikasi halal, variabel durability dan aesthetics tidak berpengaruh signifikan. Variabel yang berpengaruh signifikan ialah logo halal, performance, dan conformance. Perbaikan untuk UKM antara lain melakukan sertifikasi halal bagi yangvii belum memiliki logo halal resmi, melakukan inovasi kemasan agar lebih menarik, serta mempromosikan produknya. Pada penelitian ini, nilai R-square yang didapat keripik tempe tersertifikasi halal sebesar 0,265 dan belum tersertifikasi halal sebesar 0,471, oleh karena itu perlu penelitian lebih lanjut variabel lain yang diduga dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, seperti harga, waktu pembelian dan lokasi pembelian.