Evaluasi Usability Web UniPin dengan Menggunakan Metode Usability Testing

Main Author: Febrianti, Dinda Aditya
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/180460/1/Dinda%20Aditya%20Febrianti.pdf
http://repository.ub.ac.id/180460/
Daftar Isi:
  • E-commerce adalah layanan aktivitas belanja online dengan menggunakan jaringan internet serta cara transaksinya melalui transfer uang secara digital yang disediakan oleh PT. 24 Jam Online (UniPin). Pada website UniPin terdapat banyak sekali game yang sudah berkerjasama dengan unipin.co.id seperti game Mobile Legends, PUBG Mobile, selain itu web UniPin juga menyediakan voucher Google Play, Steam Wallet dan voucher lainnya. UniPin merupakan bisnis yang sudah dirintis mulai dari tahun 2009 dan sudah mempunyai jutaan pengguna. Dari data keluhan pengguna terdapat beberapa permasalahan mengenai aspek kegunaan, seperti pengguna tidak mengerti tentang alur penggunaan web UniPin. Menurut Istiana (2015) Evaluasi kegunaan terhadap situs web yang telah dibangun perlu dilakukan salah satunya untuk mengetahui bagaimana tingkat kegunaan situs web tersebut bagi pengguna. Untuk mengetahui tingkat kegunaan pada website e-commerce yang digunakan oleh PT. 24 Jam Online, maka diperlukan evaluasi usability pada web UniPin dengan menggunakan metode usability testing untuk mengobservasi perilaku pengguna. Untuk memperoleh data, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan pengamatan perilaku pengguna ketika menjalankan task yang diberikan dan melakukan penyebaran kuesioner dengan menggunakan kuesioner Nielsen Attributtes Of Usability (NAU), dan wawancara dengan pengguna web UniPin. Proses evaluasi usability terdiri dari beberapa tahapan, antara lain melakukan penggalian informasi dengan meminta data keluhan pelanggan pada customer service web UniPin, pemberian task pada responden, pengisian kuesioner, wawancara responden untuk menggali informasi lebih dalam, data yang diperoleh kemudian diolah dengan metode skala likert dan di analisis, kemudian dibuat rancangan tampilan web UniPin sesuai dengan analisis yang diperoleh. Berdasarkan analisis tersebut, didapatkan hasil untuk aspek learnability sebanyak 77%, aspek efficiency 75%, aspek memorability 79%, aspek errors 71%, dan aspek satisfaction sebanyak 70%. Hal ini menunjukkan bahwa dari hasil penelitian tingkat usability web UniPin masih berada pada kriteria interval setuju / baik / suka, dan menghasilkan 3 buah mockup tampilan web UniPin yang dapat digunakan untuk membantu perbaikan pada web UniPin.