Perancangan Desain Kemasan Sekunder Produk Teh Adas Khas Tengger Menggunakan Metode Kansei Engineering

Main Author: Sari, Nikita Ruwina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/180334/1/NIKITA%20RUWINA%20SARI%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/180334/
Daftar Isi:
  • Destinasi pariwisata memiliki kuliner khas yang dapat memotivasi wisatawan untuk melakukan perjalanan, salah satunya Tengger. Tengger merupakan wilayah penghasil tanaman adas yang cocok dijadikan minuman fungsional teh adas. Sebagai kuliner khas Tengger, teh adas dapat menjadi strategi pemasaran dalam pembentukan citra destinasi yang efektif dengan mengemas produk semenarik mungkin. Metode yang digunakan adalah Kansei Engineering. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan desain kemasan teh adas berdasarkan keinginan konsumen. Penelitian ini menggunakan 24 kata kansei, 16 sampel kemasan, 5 elemen desain, 14 sub elemen desain dan 40 responden. Berdasarkan nilai importance value secara keseluruhan, desain kemasan yang diinginkan oleh konsumen secara berurutan ditentukan oleh elemen desain bahan (31,975%), identitas (22,826%), bentuk (20,850%), logo (14,257%) dan ilustrasi (10,092%). Kombinasi kemasan yang paling disukai konsumen adalah kombinasi 4, faktor 4. Kombinasi tersebut adalah kemasan teh adas berbahan kertas ivory, identitas informasi produk, berlogo logogram, berbentuk balok dan ilustrasi gambar ikonik yang digambarkan oleh kata kansei modern, warna terang dan bermotif. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu, memperbaiki kekurangan penelitian ini dan dilanjutkan dengan menganalisis biaya pembuatan desain kemasan