Perbaikan Desain Kemasan Produk Biskuit Brownies Menggunakan Metode Quality Function Deployment (Qfd)

Main Author: Hastari, Lisha Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/180306/1/LISHA%20DWI%20HASTARI%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/180306/
ctrlnum 180306
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/180306/</relation><title>Perbaikan Desain Kemasan Produk Biskuit&#xD; Brownies Menggunakan Metode Quality Function&#xD; Deployment (Qfd)</title><creator>Hastari, Lisha Dwi</creator><subject>664.09 Packaging</subject><description>Kemasan merupakan aspek visual yang menjadi daya tarik&#xD; bagi pelanggan sehingga para pelaku bisnis perlu untuk&#xD; memperhatikan desain kemasan produk. Salah satu produk&#xD; makanan ringan yang dikemas adalah biskuit brownies Cripyx&#xD; produksi UKM Canggi Fully Kota Malang. Biskuit Brownies&#xD; Cripyx dikemas dalam bentuk standing pouch berwarna merah&#xD; dengan isi 60 gram. Kemasan ini memiliki penampilan desain&#xD; kemasan kurang menarik serta bahan kemasan kurang tebal&#xD; dan kokoh sehingga produk di dalamnya mudah patah dan&#xD; pelanggan ragu membeli produk tersebut. Dalam tujuan ingin&#xD; memperluas segmentasi pasar dan memenuhi permintaan pasar&#xD; untuk membuat kemasan yang lebih menarik maka diperbaiki&#xD; desain kemasan biskuit brownies menjadi kemasan premium&#xD; yang lebih baik dari sebelumnya menggunakan metode Quality&#xD; Function Deployment (QFD). QFD adalah suatu metode yang&#xD; berfungsi untuk menentukan atribut yang memuaskan&#xD; pelanggan kemudian menerjemahkannya ke dalam target&#xD; desain. Tahap analisa data dalam penelitian ini dimulai dari&#xD; pengumpulan Voice of Customer, penyusunan House of Quality,&#xD; pembuatan respon teknis, penentuan hubungan respon teknis&#xD; dengan kebutuhan pelanggan, penentuan keterkaitan hubungan&#xD; teknis, perhitungan nilai benchmarking sampai penentuan nilai&#xD; target desain kemasan yang diharapkan. Tujuan penelitian ini&#xD; adalah mengetahui atribut tingkat kepentingan pelanggan,&#xD; mengetahui respon teknis yang harus dilakukan produsen dan&#xD; mengetahui desain kemasan biskuit brownies yang diterima&#xD; oleh pelanggan dan pihak produsen.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut yang diinginkan&#xD; pelanggan untuk kemasan biskuit brownies premium adalahvi&#xD; desain grafis, dimensi, kapasitas, bentuk, kekuatan dan&#xD; ketahanan kemasan. Respon teknis yang harus dilakukan oleh&#xD; produsen adalah desain visual yang modern, warna kemasan&#xD; yang menarik, gambar produk dan informasi yang jelas, dimensi&#xD; ukuran yang sesuai dengan kapasitas, kapasitas lebih besar (isi&#xD; produk lebih banyak), bentuk kemasan ergonomis, bahan&#xD; kemasan lebih tebal, bahan kemasan tahan tumpukan, dan&#xD; bahan kemasan tidak mudah rusak. Rancangan desain&#xD; kemasan biskuit brownies yang dapat diterima produsen yaitu,&#xD; bentuk kemasan toples berbentuk persegi panjang sebagai&#xD; kemasan primer dan dilapisi dengan kemasan sekunder dengan&#xD; bahan kertas art paper dengan gramatur kertas 260 gram dan&#xD; bagian luar kertas diberi laminasi doff. Dimensi kemasan yang&#xD; digunakan panjang 14 cm, lebar 8 cm, dan tinggi 7 cm, dengan&#xD; desain grafis perpaduan warna krem, cokelat dan merah.&#xD; Kapasitas yang diterima konsumen dan pihak produsen adalah&#xD; biskuit brownies dengan berat bersih 280 gram. Saran untuk&#xD; UKM yaitu dapat menjadikan rancangan desain kemasan baru&#xD; sesuai keinginan konsumen sebagai alternatif pilihan kemasan&#xD; premium untuk memperluas segmentasi pasar menengah ke&#xD; atas sehingga dapat meningkatkan penjualan biskuit brownies.</description><date>2019-09-20</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/180306/1/LISHA%20DWI%20HASTARI%20%282%29.pdf</identifier><identifier> Hastari, Lisha Dwi (2019) Perbaikan Desain Kemasan Produk Biskuit Brownies Menggunakan Metode Quality Function Deployment (Qfd). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FTP/2019/40/052002148</relation><recordID>180306</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Hastari, Lisha Dwi
title Perbaikan Desain Kemasan Produk Biskuit Brownies Menggunakan Metode Quality Function Deployment (Qfd)
publishDate 2019
topic 664.09 Packaging
url http://repository.ub.ac.id/180306/1/LISHA%20DWI%20HASTARI%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/180306/
contents Kemasan merupakan aspek visual yang menjadi daya tarik bagi pelanggan sehingga para pelaku bisnis perlu untuk memperhatikan desain kemasan produk. Salah satu produk makanan ringan yang dikemas adalah biskuit brownies Cripyx produksi UKM Canggi Fully Kota Malang. Biskuit Brownies Cripyx dikemas dalam bentuk standing pouch berwarna merah dengan isi 60 gram. Kemasan ini memiliki penampilan desain kemasan kurang menarik serta bahan kemasan kurang tebal dan kokoh sehingga produk di dalamnya mudah patah dan pelanggan ragu membeli produk tersebut. Dalam tujuan ingin memperluas segmentasi pasar dan memenuhi permintaan pasar untuk membuat kemasan yang lebih menarik maka diperbaiki desain kemasan biskuit brownies menjadi kemasan premium yang lebih baik dari sebelumnya menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD). QFD adalah suatu metode yang berfungsi untuk menentukan atribut yang memuaskan pelanggan kemudian menerjemahkannya ke dalam target desain. Tahap analisa data dalam penelitian ini dimulai dari pengumpulan Voice of Customer, penyusunan House of Quality, pembuatan respon teknis, penentuan hubungan respon teknis dengan kebutuhan pelanggan, penentuan keterkaitan hubungan teknis, perhitungan nilai benchmarking sampai penentuan nilai target desain kemasan yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui atribut tingkat kepentingan pelanggan, mengetahui respon teknis yang harus dilakukan produsen dan mengetahui desain kemasan biskuit brownies yang diterima oleh pelanggan dan pihak produsen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut yang diinginkan pelanggan untuk kemasan biskuit brownies premium adalahvi desain grafis, dimensi, kapasitas, bentuk, kekuatan dan ketahanan kemasan. Respon teknis yang harus dilakukan oleh produsen adalah desain visual yang modern, warna kemasan yang menarik, gambar produk dan informasi yang jelas, dimensi ukuran yang sesuai dengan kapasitas, kapasitas lebih besar (isi produk lebih banyak), bentuk kemasan ergonomis, bahan kemasan lebih tebal, bahan kemasan tahan tumpukan, dan bahan kemasan tidak mudah rusak. Rancangan desain kemasan biskuit brownies yang dapat diterima produsen yaitu, bentuk kemasan toples berbentuk persegi panjang sebagai kemasan primer dan dilapisi dengan kemasan sekunder dengan bahan kertas art paper dengan gramatur kertas 260 gram dan bagian luar kertas diberi laminasi doff. Dimensi kemasan yang digunakan panjang 14 cm, lebar 8 cm, dan tinggi 7 cm, dengan desain grafis perpaduan warna krem, cokelat dan merah. Kapasitas yang diterima konsumen dan pihak produsen adalah biskuit brownies dengan berat bersih 280 gram. Saran untuk UKM yaitu dapat menjadikan rancangan desain kemasan baru sesuai keinginan konsumen sebagai alternatif pilihan kemasan premium untuk memperluas segmentasi pasar menengah ke atas sehingga dapat meningkatkan penjualan biskuit brownies.
id IOS4666.180306
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-28T07:03:09Z
last_indexed 2021-10-28T07:03:09Z
recordtype dc
_version_ 1751453880158257152
score 17.538404