Pengembangan Pariwisata Kota Malang Melalui City Branding “Beautiful Malang” (Studi Pada Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kota Malang)
Main Author: | Sianipar, Jeffri Chandra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/1803/1/1.%20Bagian%20Depan.pdf http://repository.ub.ac.id/1803/2/2.%20BAB%20I.pdf http://repository.ub.ac.id/1803/3/3.%20BAB%20II.pdf http://repository.ub.ac.id/1803/4/4.%20BAB%20III.pdf http://repository.ub.ac.id/1803/5/5.%20BAB%20IV.pdf http://repository.ub.ac.id/1803/6/6.%20BAB%20V.pdf http://repository.ub.ac.id/1803/7/7.%20Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.ub.ac.id/1803/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini mengangkat tema tentang konsep city branding dalam pelaksanaan pengembangan pariwisata yang diterapkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji lebih dalam tentang pengembangan pariwisata dan pemasaran brand Beautiful Malang sebagai salah satu bentuk upaya dalam kegiatan promosi wisata dan peningkatan jumlah wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan cara menganalisis dan mendeskripsikan tentang pelaksanaan pengembangan pariwisata dan pemasaran brand Beautiful Malang. Penelitian ini dilaksanakan di Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang, Jalan Soekarno Hatta B. Nomor 210 Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui penelitian lapangan. Teknik tersebut dimaksudkan untuk memperoleh data dan informasi secara tepat, yang berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan pariwisata dan pemasaran brand Beautiful Malang yang dilakukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang sudah berjalan dengan cukup baik. Hal tersebut dapat dilihat dari langkah pengembangan yang dilakukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang dengan mengoptimalisasi wisata buatan sebagai antisipasi atas keadaan Kota Malang yang minim akan wisata alam. Selain itu penggunaan brand Beautiful Malang sebagai media promosi pariwisata dan citra kota yang sekaligus merupakan perwujudan potensi dan keunggulan Kota Malang atau disebut juga dengan Tri Bina Cita, sudah terlaksana dengan baik yang ditandai dengan peningkatan kualitas obyek wisata dan peningkatan kuantitas pelajar setiap tahunnya.