Hubungan Pola Bermain Game pada Gawai dengan Tingkat Konsentrasi Belajar Anak Prasekolah Usia 5-6 Tahun di TK Muslimat NU 8 Kota Malang
Main Author: | Juwita, Ani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/180289/1/Ani%20Juwita.pdf http://repository.ub.ac.id/180289/ |
Daftar Isi:
- Penggunaan gawai dibawah usia 12 tahun menyebabkan anak memiliki gangguan kognitif seperti mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi saat belajar. Meskipun pengggunaan gawai bukan satu-satunya penyebab anak mengalami masalah tumbuh kembang namun studi membuktikan penggunaan gawai pada usia dini berkontribusi terhadap berbagai gangguan fisik dan psikis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan pola bermain game pada gawai dengan tingkat konsentrasi belajar anak prasekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah analitik observasonal dengan pendekatan cross sectional. Besar sampel dalam penelitian ini sejumlah 57 responden. Pengambilan data menggunakan kuesioner dan lembar observasi. Uji statistic yang digunakan adalah spearman rank. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai signifikansi 0,507 sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara pola bermain game pada gawai dengan tingkat konsentrasi belajar anak prasekolah usia 5-6 tahun di TK Muslimat NU 8 Kota Malang. Rekomendasi pada peneliti selanjutnya untuk menganalisis faktor- faktor yang yang mempengaruhi pola bermain game pada gawai atau yang mempengaruhi konsentrasi belajar anak.