Perbedaan Pengaruh Antara Metode Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Dan Metode Tutor Sebaya Terhadap Kemampuan Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Siswa SMPN 1 Tumpang

Main Author: Petriano, Haris
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/180282/1/Haris%20Petriano.pdf
http://repository.ub.ac.id/180282/2/MAJALAH_HARIS%20PETRIANO_185070209111039.pdf
http://repository.ub.ac.id/180282/
Daftar Isi:
  • Pendidikan kesehatan merupakan salah satu upaya pencegahan primer yang berisi pesan informasi penting. Pendidikan kesehatan tersebut harus disertai dengan metode pembelajaran yang tepat, agar pesan informasi dapat tersampaikan dengan baik. Metode pembelajaran kooperatif think pair share dan metode tutor sebaya dapat membuat anak berpikir kreatif, kritis, dan membantu menyelesaikan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan pengaruh pendidikan kesehatan antara metode think pair share dengan metode tutor sebaya terhadap kemampuan cuci tangan pakai sabun pada siswa sekolah. Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasy-experiment (non-equivalent control group pre-post test design). Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Tumpang kabupaten Malang diambil dengan tekhnik simple random sampling sebanyak 60 orang dan dibagi menjadi dua kelompok dengan masing-masing kelompok berjumlah 30 orang dengan rentang usia 12 sampai 15 tahun. Variabel yang diukur adalah kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik. Hasil Uji wilcoxon menunjukkan pengaruh yang signifikan pada kelompok perlakuan dan kontrol terhadap kemampuan kognitif, afektif, psikomotorik. Uji Mann-Witney menunjukkan perbedaan perubahan pengaruh pada kemampuan kognitif dengan nilai (p<0.048), psikomotorik (p<0,001), afektif dengan nilai (p>0.171). Metode think pair share terbukti berhasil meningkatkan kemampuan kognitif dan psikomotorik responden dibandingkan dengan metode tutor sebaya, tetapi untuk kemampuan afektif atau sikap tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan.