Hubungan Perilaku Asertif Perawat Terhadap Regresi Anak Prasekolah (3-6 Tahun) Yang Menjalani Hospitalisasi Di Ruang Anak RSUD dr. Saiful Anwar Malang
Main Author: | Basuki, Rosdiana Mudji |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/180241/1/Manuskrip%20Hubungan%20Perilaku%20Asertif%20Perawat%20Thd%20Regresi%20Anak%20Prasekolah.%20pdf.pdf http://repository.ub.ac.id/180241/2/Rosdiana%20Mudji%20Basuki.pdf http://repository.ub.ac.id/180241/ |
Daftar Isi:
- Proses hospitalisasi merupakan suatu proses yang mengharuskan anak untuk tinggal dan menjalani perawatan di rumah sakit dan banyak dialami oleh anak usia prasekolah. Regresi merupakan dampak hospitalisasi pada anak yang dapat menyebabkan kemunduran perkembangan anak. Regresi anak ini dapat diminimalkan dengan perilaku asertif perawat yang merupakan tingkah laku dalam hubungan interpersonal yang bersifat jujur dengan kondisi lingkungan keperawatan. Penelitian bertujuan mengidentifikasi hubungan perilaku asertif perawat terhadap regresi anak usia prasekolah yang menjalani hospitalisasi di ruang anak RSUD dr. Saiful Anwar Malang. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria inklusi eksklusi dan didapatkan sampel sejumlah 44 anak prasekolah. Pengujian normalitas dilakukan dengan menggunakan Saphiro-Wilk Test, perilaku asertif perawat didapatkan hasil signifikan 0.069 dan regresi anak prasekolah dengan hasil 0,214. Berdasarkan hasil analisa bivariate menggunakan uji korelasi Product Moment Pearson dengan hasil statistik menunjukkan nilai p-value (0.008) kurang dari alpha 0,05, dikatakan terdapat hubungan antara perilaku asertif perawat terhadap regresi anak prasekolah. Kekuatan korelasi yang dihasilkan sangat kuat (-0.961) dan bersifat negatif artinya semakin tinggi perilaku asertif perawat, maka semakin rendah regresi anak prasekolah. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan lebih disempurnakan perilaku asertif perawat terhadap regresi anak usia prasekolah agar terpenuhi keempat parameter regresi dan kontrol pemberian intervensi lebih ketat.