Penciptaan Value Co-Creation Pada Coworking Space: Dalam Perspektif Service-Dominant Logic (Studi Kasus pada Perusahaan Coworking Space di Kota Malang)
Main Author: | Andaru, Rizka Kurnia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/179840/ |
Daftar Isi:
- Pandangan teori dan praktik pemasaran berkembang mulai dari pandangan tradisional (Goods-Dominant Logic-GDL) menjadi pandangan Modern (Service-Dominant Logic-SDL). Nilai dalam pemasaran tidak lagi diciptakan oleh perusahaan, tetapi juga diciptakan oleh pelanggan dengan proses value cocreation berdasarkan Service-Dominant Logic (SDL). Value co-creation cocok diaplikasikan pada perusahaan coworking space yang mengedepankan hubungan antara perusahaan dengan pelanggan dan juga kolaborasi. Peneitian ini bertujuan untuk menentukan value co-creation pada perusahaan coworking space dalam pandangan Service-Dominant Logic (SDL). Penentuan nilai secara bersama dilakukan berdasarkan proses value co-creation, yaitu penentuan value proposition, aktualisasi nilai, dan penentuan nilai. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus dalam mengeksplorasi proses value co-creation pada coworking space dengan tiga rumusan masalah yaitu (1) Bagaimana value proposition yang ditawarkan oleh perusahaan coworking space?, (2) Bagaimana aktualisasi nilai berdasarkan kontribusi pelanggan terhadap perusahaan coworking space?, dan (3) Bagaimana penciptaan value co-creation pada perusahaan coworking space?. Obyek penelitian ini adalah tiga perusahaan coworking space di Kota Malang, yaitu coworking space Dilo Malang, coworking space Ngalup, dan coworking space Ruang Perintis. Pengumpulan data penelitian ini adalah pengamatan, informan, dokumen, serta bahan audio visual. Analisis data yang digunakan adalah analisis data spiral. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) layanan sebagai value proposition yang ditawarkan oleh perusahaan telah diterima oleh pelanggan, terdapat layanan yang dikemukakan oleh pelanggan sebelum perusahaan menyadari telah memberikan layanan tersebut kepada pelanggan (terjadi pada coworking space Dilo Malang dan coworking space Ngalup), (2) keterlibatan pelanggan sebagai aktualisasi nilai terjadi tidak hanya sebatas dalam penciptaan nilai berdasarkan layanan (terjadi pada coworking space Dilo Malang dan coworking space Ngalup), tetapi juga ikut andil dalam pengambilan keputusan manajemen perusahaan (terjadi pada coworking space Ruang Perintis), (3) penentuan nilai pada perusahaan coworking space di Kota Malang (coworking space coworking space Dilo Malang, coworking space Ngalup, dan coworking space Ruang Perintis) berdasarkan proses value co-creation ditunjukkan dengan adanya interaksi dan hubungan antara perusahaan dengan pelanggan maupun pelanggan dengan pelanggan secara langsung (bertemu atau tatap muka) dan secara tidak langsung (melalui media sosial).