Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Keunggulan Bersaing: Studi Pada UMKM Keripik Tempe Di Kota Malang

Main Author: Fatikha, Cindera
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/179820/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh orientasi kewirausahaan, orientasi pasar dan keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran; menguji pengaruh orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran melalui keunggulan bersaing sebagai variabel mediasi. Sampel pada penelitian ini adalah 132 pemilik UMKM dari populasi sebanyak 463 pemilik UMKM keripik tempe. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan Partial Least Squares (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran dengan koefisien 0,313. Orientasi pasar berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran dengan koefisien 0,299. Orientasi kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing dengan koefisien 0,477. Orientasi pasar berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing dengan koefisien 0,414. Keunggulan bersaing berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran dengan koefisien 0,363. Orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar berpengaruh terhadap kinerja pemasaran melalui keunggulan bersaing dengan koefesien 0,173 dan 0,150. Variabel orientasi kewirausahaan memiliki pengaruh yang lebih besar dari pada variabel orientasi pasar. Keunggulan bersaing berperan sebagai variabel mediasi parsial bagi orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar. Penelitian ini menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan merupakan faktor yang dominan untuk meningkatkan keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran.