Pengembangan E-Modul Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Untuk Kelas X Program Keahlian Teknik Komputer Dan Jaringan Di SMK Negeri 2 Malang Dengan Model Pengembangan 4-D
Main Author: | Damayanti, Rizka Hikma |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/179762/ |
Daftar Isi:
- Pada SMK Negeri 2 Malang terdapat beberapa program keahlian, salah satunya yaitu Teknik Komputer dan Jaringan. Dimana siswa dengan program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan ini diberikan bekal keterampilan di bidang perawatan komputer, jaringan, administrasi jaringan, dan web design. Berdasarkan hasil observasi, terdapat beberapa permasalahan pada pembelajaran diantaranya yaitu pada 5 tahun terakhir nilai yang dihasilkan siswa cenderung rendah karena sebagian besar siswa terlalu merendahkan guru dan itu menyebabkan rendahnya minat belajar siswa, siswa merasa bosan saat mengikuti mata pelajaran, dan pada saat pembelajaran berlangsung kelas tidak terlalu kondusif. Pada saat pembelajaran berlangsung siswa tidak diberikan modul, guru melakukan metode ceramah dengan menggunakan media pembelajaran berupa powerpoint. Salah satu solusi yang dapat diterapkan untuk menangani permasalahan tersebut yaitu dengan mengembangkan media pembelajaran berupa E-Modul. Melalui E-Modul diharapkan dapat memotivasi dan menarik perhatian siswa tentang materi yang disampaikan. Pengembangan E-Modul dilakukan menggunakan model pengembangan 4-D. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa wawancara, kuesioner dan pemberian tes. Berdasarkan hasil kuesioner uji validasi ahli materi dan ahli media menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan berupa E-Modul dinyatakan valid dan telah layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan persentase rata-rata secara keseluruhan dari ahli materi sebesar 98,96% yang berarti media pembelajaran telah sangat baik atau sangat valid. Persentase yang didapat setelah melakukan uji validasi ahli media yaitu sebesar 80,00% yang berarti media pembelajaran telah sangat baik atau sangat valid. Hasil pre-test yang dilakukan oleh 31 siswa memiliki rata-rata sebesar 50,45 dan rata-rata nilai post-test sebesar 91,74. Selain itu, hasil uji-t yang telah dilakukan memperoleh nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,000. Nilai pre-test dan post-test siswa juga menunjukkan kenaikan nilai yang signifikan. Dari hasil analisis yang didapat, bisa disimpulkan bahwa media pembelajaran berupa E-Modul yang telah dikembangkan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.