Kualitas Interaksi Multi Arah Pada Pembelajaran Berbantuan Edmodo Untuk Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar (Studi Pada Kelas X Jurusan Teknik Komputer Dan Jaringan SMK Negeri 3 Malang)

Main Author: Sahara, Intan Kikis
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/179705/
Daftar Isi:
  • Suatu pembelajaran menjadi efektif dan efisien apabila terjadi interaksi aktif antara siswa dan guru selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Namun, berdasarkan hasil observasi dan wawancara terdapat permasalahan pada saat pelaksanaan pembelajaran di kelas X Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 3 Malang yaitu kurangnya interaksi multi arah dikarenakan keterbatasan frekuensi waktu guru untuk mengajar secara langsung di dalam kelas dan siswa pasif dalam bertanya. Berdasarkan permasalahan yang telah teridentifikasi tersebut, penelitian eksperimen dengan membandingkan antara model pembelajaran konvensional dan model pembelajaran blended learning dengan bantuan Edmodo bertujuan untuk meningkatkan kualitas interaksi pembelajaran multi arah antara guru dengan siswa di kelas X Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 3 Malang. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah weak experimental dengan menggunakan static-group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 3 Malang Tahun Pelajaran 2018/2019 yang sedang mengikuti mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar dengan jumlah keseluruhan 71 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah menggunakan teknik sampling jenuh dikarenakan semua anggota populasi dijadikan sampel dengan terdiri dari 35 siswa kelas X TKJ 1 dan 36 siswa kelas X TKJ 2. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan kuesioner. Berdasarkan pengujian hipotesis penelitian ini, penulis memperoleh hasil sebagai berikut: (1) tidak ada perbedaan antara kegiatan pre-observation dan post-observation dari kelas konvensional X TKJ 1; (2) ada perbedaan antara kegiatan pre-observation dan post-observation dari kelas blended learning X TKJ 2; (3) ada perbedaan antara kegiatan pre-observation dari kelas konvensional X TKJ 1 dan kelas blended learning X TKJ 2; serta (4) ada perbedaan antara kegiatan post-observation dari kelas konvensional X TKJ 1 dan kelas blended learning X TKJ 2.