Aplikasi Unique Mathematical Goal Programming dalam Perencanaan Penjualan (Studi Kasus: TB. Bina Usaha)
Main Author: | Ramadhanty, Erlina Narulita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/179680/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan bisnis yang semakin pesat mengakibatkan persaingan pasar semakin ketat. Perusahaan harus mengoptimalkan sumber daya yang ada dan membentuk manajemen perusahaan, terutama perencanaan, yang efisien agar dapat bersaing dengan perusahaan lain dan dapat memenuhi permintaan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengelompokkan barang-barang menggunakan analisis ABC, meramalkan jumlah permintaan barangbarang kelompok A pada masa yang akan datang menggunakan metode double exponential smoothing dari Brown, dan menyelesaikan tujuan yang telah ditetapkan perusahaan menggunakan model Unique Mathematical Goal Programming. Hasil yang diperoleh pada analisis ABC sebanyak 15 barang kelompok A, 58 barang kelompok B, dan 85 barang kelompok C. Barang-barang kelompok A diramalkan jumlah masing-masing jenis barang untuk digunakan sebagai variabel keputusan pada Unique Mathematical Goal Programming. Hasil Unique Mathematical Goal Programming menunjukkan bahwa sasaran memenuhi permintaan konsumen terpenuhi dengan output keuntungan sebesar Rp 161.014.900 dan biaya pengeluaran sebesar Rp. 2.795.846.000.