Optimasi Kualitas Pelayanan Pasien Poli Gigi Melalui Analisis Antrian Model Multi Chanel-Multi Phase (Studi Kasus Poliklinik Universitas Brawijaya)

Main Author: Nurfarida, Ulva
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/179667/
Daftar Isi:
  • Antrian merupakan kejadian yang mengakibatkan seorang pelanggan tidak dapat langsung dilayani. Analisis sistem antrian dilakukan untuk mengetahui nilai karakteristik antrian. Pada penelitian ini data yang digunakan adalah data waktu antar kedatangan dan waktu pelayanan pasien Poligigi Poliklinik Universitas Brawijaya pada tanggal 21-26 November 2018. Penelitian menggunakan proses simulasi karena data tidak memenuhi asumsi berdistribusi eksponensial. Sistem antrian yang digunakan memiliki dua tahapan dan tiga server pada masing-masing tahapnya. Berdasarkan hasil analisis rata-rata waktu antar kedatangan pasien pada tahap 1 adalah 4 menit dan pada tahap 2 adalah 4 menit. Rata-rata kedatangan pasien pada tahap 1 dan 2 adalah paling banyak 1 pasien permenit. Sedangkan rata-rata waktu pelayanan adalah 1 menit pada tahap 1 dan 9 menit pada tahap 2. Model yang diperoleh adalah (G/G/3) : (FCFS/∞/∞). Tingkat kesibukan pada tahap 1 berdasarkan urutan server adalah 49%, 50%, dan 48%. Sedangkan tahap 2 adalah 94%, 94%, dan 90%. Hasil optimasi dengan pengurangan dan penambahan jumlah server diperoleh bahwa tahap pemeriksaan dengan menggunakan 3 server adalah yang optimal.