Penerapan Model Antrian pada M/M/C pada Antrian Pasien Poli Gigi (Studi Kasus: Poli Gigi Universitas Brawijaya)

Main Author: Safitri, Yuzrina Dewi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/179643/
Daftar Isi:
  • Poliklinik Universitas Brawijaya merupakan unsur pelaksana nonakademik universitas yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan civitas akademika beserta keluarganya, serta masyarakat umum. Terdapat beberapa pelayanan yang tersedia di Poliklinik Universitas Brawijaya seperti poli umum, rawat luka, dan lain-lain. Pada skripsi ini akan diteliti antrian pada Poli Gigi dengan tiga server yang terbuka dan dua pelayanan. Pengambilan data dilakukan pada tanggal 3-17 September 2018. Data pada penelitian ini meliputi waktu antar kedatangan pasien dan waktu pelayanan pasien pada setiap tahap. Data yang diperoleh kemudian dihitung karakteristik antrian dengan menggunakan model antrian . Hasil perhitungan karakteristik diperoleh rata-rata tingkat kedatangan pasien (λ) adalah 6,85 pasien/jam. Rata-rata tingkat pelayanan pasien (μ) adalah 5,68 pasien/jam. Rata-rata waktu menunggu pasien dalam antrian ( ) adalah 137,8 menit. Tingkat kesibukan pelayanan yaitu 40,2%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penumpukan pasien terjadi karena pada tahap pelayanan membutuhkan waktu yang cukup lama