Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Aplikasi Gofood (Studi kasus di Geprek bensu)
Main Author: | Syfa’unuza, Alfaindra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/179552/ |
Daftar Isi:
- Kondisi perkembanganjaman yang makinpesatmembuatduniausahaturutbermunculanuntukmemeri ahkanpersainganbisnis. Disampingitu, adanyainovasijugadiperlukanolehpelakuusaha agar dapatterusmeningkatkanpendapatan yang diperoleh, sebabsaatinikonsumenmulaiselektifdalammemilihproduk yang akandikonsumsinya.Pemanfaatan teknologi pada bauranpemasarandalamupaya mempengaruhikeputusanpembeliankonsumendapatdilakukand enganberbagaicara, salahsatunyaadalahmelaluiaplikasi go-jek. Go-jekmunculsebagaiteknologiberbasisaplikasi yang dapatdijalankan di Android dan IOS sertamerupakansalahsatujasa yang ditawarkanolehtransportasiojekonline gojekyaknidenganmengantarkanmakanankepadakonsumen. Gepre kBensuadalahusahakuliner yang menyajikanayamgorengtepungdipadukandengansambaldankej usebagaipelengkap. Usaha kulinertersebutdapatdijumpai di beberapakotabesar di Indonesiadan di Kota Malang sendiriterdapatduacabang outlet. Tempatmakaninitidakhanyamenjualproduktetapijugamemberik anservice kepadakonsumendalam proses pembelianprodukmelaluionline.Adanyageprekbensupadaaplika si go-food jugamemberikannilaitambahbagikonsumen yang inginmengkonsumsikulinertersebuttanpaharusmengunjungilan gsung di kedaiAyamGeprekBensu.Berdasarkanpenjelasandiatas, makaperludilakukankajianuntukmengetahuisejauhmanapengar uhbauranpemasaranterhadapkeputusanpembelianmelaluiaplika si go-food di AyamGeprekBensu. Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruhb auranpemasaran yaitu product, place, price, dan promotion (4p) terhadapkeputusanpembeliankonsumenmelaluiaplikasi go-food yang adadalam menu Go-jekdenganstudikasus di GeprekBensuSuhatmeliputi: untukmengetahuikarakteristikkonsumenpengguna go-food di Kota Malang; untukmengetahuipengambilankeputusankonsumendalampemb elianprodukmenggunakanaplikasi go-food di Kota Malang; untukmengetahuifaktor-faktor yang mempengaruhiperilakukonsumenmengenaikeputusanpembelia n di GeprekBensumenggunakanaplikasi go-food di Kota Malang. Penelitian inidilaksanakan dioutlet GeprekBensu yang berada di JalanSoekarnoHatta Malang. PenelitianinidilakukanselamabulanJuni-Juli 2019. Respondenyangdigunakan padapenelitiandiGeprekBensuadalah konsumengeprekbensu yang pernah membelimelaluiaplikasi go-food minimal satu kali. Penentuanrespondenmenggunakancaraacidental sampling yaitu tidak sengaja bertemu dengan responden atau secara isedental dan purposive sampling yaitudilakukansecarasengajasesuaidengankebutuhanpenelitian. Responden yang digunakansebanyak 100 orang.Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah produk, harga, promosi, dan distribusi serta kualitas layanan yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian melalui aplikasi go-food. Pengambilan data dilakukandenganmetode survey. Data yang dikumpulkandalampenelitianinimeliputi data primer dan data sekunderuntukmendukungpenelitian yang dilakukan. Teknik pengumpulan data dengan kuisioner, wawancara dan studi literatur. Hasil data yang diperoleh diolahdandianalisisdenganmenggunakanduacarayaitusecaraku antitatifdenganmenggunakananalisiskuantitatifdananalisiskuali tatifsecaradeskriptif. Analisis data secarakuantitatifdilakukandenganmetodetabulasi yang diolahmenggunakanprogram Microsoft exceldanuntukmelihatkorelasiantarvariabel, sertamenganalisisragamdilakukandenganmenggunakan software statistical package for social sciences (SPSS) versi 23.00. Sedangkananalisakualitatifmenggunakanstudipustakadanstudil apangsesuaisituasidankondisi. Berdasarkanhasildarianalisisfaktor, makaterbentuk 5 faktordari 19 variabelbauranpemasaran yang mempengaruhikeputusanpembelian di GeprekBensuMelaluiAplikasi Go-food di Kota Malang. FaktorpertamaadalahKualitasLayanan Go-food, KesesuaianHarga yang Ditawarkan, KeunggulanGeprekBensu, StrategiPemasaranGeprekBensu, Promosi Go-fooddanMitra Go-food, danPresepsiKonsumenTerhadapProduk. Hasilregresibergandamenunjukkanbahwavariabelbeba syakniberupajeniskelamin, umur, pendidikan, pekerjaan, pendapatan, kualitaslayanan go-food, kesesuaianharga yang ditawarkan, keunggulangeprekbensu, strategipemasarangeprekbensu, promosi go-food danmitra gofood, danpresepsikonsumenterhadapproduksecarasimultanterhadapv ariabelterikatberuapakeputusanpembelian. NilaiR squaresebesar 0.681, nilaisebesar 68.1% keputusanpembeliandapatdijelaskanolehfaktoryaknijeniskelam in, umur, pendidikan, pekerjaan, pendapatan, kualitaslayanan go-food, kesesuaianharga yang ditawarkan, keunggulangeprekbensu, strategipemasarangeprekbensu, promosi go-food danmitra go-food, danpresepsikonsumenterhadapproduk, sementarasisanyasebesar 31.9% dijelaskanolehfaktor yang tidakdiamatidalampenelitianini. Disimpulkanbahwaprofilresponden yang berpatisipasidalampenelitianinisebagianbesaradalahwanitaden gansebarantertinggiberdasarkanusiaantara 17-25 tahun yang didominasiolehpendidikanterakhir SMA danpekerjaansebagaimahasiswa, sertapendapatanperbulanRp 1.000.000-2.500.000. Kebutuhanlayanan yang tepatadalahpertimbanganutamakeputusanPembelian "GeprekBensu" melaluiaplikasi go-food.Reputasi Go-food adalahpertimbangankedua, saatmenggunakanaplikasi go-food danniatuntukmembeliproduk yang kurangdipertimbangkan dalam keputusanpembelian di GeprekBensu.Keputusan pembelian lebih dipengaruhi oleh penampilan pengemudi, kecepatan respons, aplikasi yang mudah digunakan dan penilaian pengemudi. Diikuti oleh harga yang sesuai dengan kualitas dan harga yang terjangkau secara bersama-sama memengaruhi keputusan pembelian melalui makanan. Diskon harga bersama dengan menu tambahan gratis dan saluran pemasaran melalui go-food bersama pemberian voucher, variasi menu dan kualitas produk memiliki pengaruh yang lebih rendah dalam keputusan pembelian melalui aplikasi gofood.