Evaluasi User Experience Pada Aplikasi Mobile Asphalt 9: Legends Menggunakan Cognitive Walkthrough Dan Heuristic Evaluation
Main Author: | Fahrurrozi, Ahmad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/179491/ |
Daftar Isi:
- Asphalt 9: Legends merupakan game balap yang menampilkan deretan mobil-mobil super canggih untuk dimainkan dengan grafis lebih jernih. Aplikasi game Asphalt 9: Legends memiliki jumlah pengguna mencapai 10 juta, namun pada game ini ditemukan permasalahan yang diperoleh dari responden yaitu fungsi dari fitur pada game seperti Settings dan Restart yang sulit ditemukan oleh pengguna. Berdasarkan observasi oleh penulis, terdapat beberapa tipe permasalahan pada game Asphalt 9: Legendsseperti Hidden (H) yaitu kejelasan simbol yang menunjukkan fungsi fitur, serta Feedback (F) dimana sistem tidak menyediakan fungsi mode touchdrive dalam permainan sehingga tidak adanya timbal balik antara sistem dan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi interface pada game Asphalt 9: Legendsdengan menggunakan metode cognitive walkthrough dan heuristic evaluation serta memberikan rekomendasi perbaikan berdasarkan permasalahan yang muncul. Penelitian dengan metode cognitive walkthrough melibatkan 4 responden pengguna baru game Asphalt 9: Legends, sedangkan pada metode heuristic evaluation melibatkan 9 evaluator expert. Hasil penelitian dengan metode cognitive walkthrough menunjukkan bahwa game Asphalt 9: Legends memiliki cukup banyak permasalahan pada user dan hidden. Evaluasi menggunakan metode heuristic menunjukkan bahwa pada game Asphalt 9: Legends terdapat 26 permasalahan usability, dimana prinsip heuristic MA01 (Visibility of System Status) memiliki jumlah masalah paling banyak dengan persentase sebesar 30.7%, sedangkan nilai rata-rata severity rating tertinggi terdapat pada prinsip heuristic MA03 (User Control and Freedom) sebesar 2.63.