Evaluasi Usability Pada Website Malangmenyapa.Malangkota.Go.Id Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kota Malang Menggunakan Metode Usability Testing
Main Author: | Erwin, Muhammad Faishal |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/179477/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui permasalahan usability dari malangmenyapa.malangkota.go.id pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang dengan menggunakan metode usability testing dan memberikan rekomendasi perbaikan berupa prototype. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode usability testing dan wawancara untuk melakukan penggalian masalah pada website Malang Menyapa dan untuk mengukur tingkat usability dari malangmenyapa.malangkota.go.id menggunakan task scenario dan kuisioner. Pengujian task scenario dan wawancara dilakukan kepada 5 partisipan dan pengisian kuisioner dilakukan 20 responden yang terdiri dari pengguna baru dan pengguna lama dari website malangmenyapa.malangkota.go.id. Hasil dari penelitian ini menemukan 4 permasalahan yaitu tampilan yang masih berantakan, tidak terdapatnya fitur pencarian cepat, beberapa fitur link sosial media yang tidak aktif, dan tampilan list event terlalu banyak load dalam satu halaman. Hasil tingkat usability pengujian awal diantaranya pada tingkat kemudahan pengguna sebesar 74%, tingkat kecepatan pengguna 0.04 goals/sec, tingkat kesalahan pengguna 0.084, dan tingkat kepuasan pengguna sebesar 63.5. Setelah dilakukan perbaikan pada tampilan website, hasil tingkat usability pada tingkat kemudahan pengguna meningkat menjadi 98%, tingkat kecepatan pengguna meningkat menjadi 0.10 goals/sec, tingkat kesalahan pengguna menurun menjadi 0.010 dan tingkat kepuasan pengguna sebesar 81.1 pada website malangmenyapa.malangkota.go.id.