Modal Sosial Dan Loyalitas Dalam Kemitraan Kelompok Wanita Tani “Mutiara Farm” Dengan Cv. Kurnia Kitri Ayu Farm Di Desa Pagelaran, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang

Main Author: Rahdikarunia, Rynda
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/179475/1/RYNDA%20RAHDIKARUNIA%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/179475/
Daftar Isi:
  • CV. KurniaKitriAyu Farm melakukankerjasamadenganKelompok Wanita Tani “Mutiara Farm”atasadanyadasar rasa kepercayaankekeluargaanantarakeduapihak. Denganadanyakomunikasi yang terusmenerusterjadimakamenimbulkan rasa percayaanggotakelompokmaupunperusahaanuntukmenjalinsuatukerjasama. Kerjasamatersebutmenciptakanjaringansosialantarasatupihakdenganpihaklainnya. Dimensi rasa percayaanggotakepadaperusahaan, terciptanyajaringansosial yang terbangunsertanormasosial yang terbentukdalamkerjasamatersebutdidasari oleh adanya modal sosial. Modal sosialmemilikiperan yang sangatpentinguntukmenunjanghubungan yang terjalinantaraindividu, kelompokataupunmasyarakat. Kelompok Wanita Tani “Mutiara Farm” merupakankelompok yang paling lama dalammelaksanakankerjasamadengan CV. KurniaKitriAyu Farm makakelompokwanitatani “Mutiara Farm” memiliki rasa loyal terhadapperusahaanselamabekerjasama. Tujuanpenelitianiniantara lain mendeskripsikanbentukpolakemitraan yang dilaksanakan oleh CV. KurniaKitriAyu Farm dan Kelompok Wanita Tani “Mutiara Farm”, mendeskripsikanmanfaat yang diperolehKelompok Wanita Tani “Mutiara Farm” selamamelakukankemitraandengan CV. KurniaKitriAyu Farm sertamenganalisishubungan yang ada pada peran modal sosialdenganloyalitasmitrakerjaKelompok Wanita Tani “Mutiara Farm” dan CV. KurniaKitriAyu Farm. Metodepenelitian yang digunakanadalaheksplanatifkuantitatif. Teknik penentuananggotakelompokwanitataniyaitudenganmetodepurposive. Teknik pengumpulan data menggunakanobservasi, wawancaraterstruktur, dan dokumen. Metodeanalisis data menggunakananalisisdeskriptif, analisiskorelasiRank Spearman dan analisisusahatani. Bentukpolakemitraan yang dilaksanakan oleh CV. KurniaKitriAyu Farm dan Kelompok Wanita Tani “Mutiara Farm” yaitu Pola KemitraanDagangUmum. CV. KurniaKitriAyu Farm tidakmemberikaninsentifbiaya pada proses budidayahinggapanen dan pengiriman, namunhanyamembelihasilpanenkomoditassayuran yang dikirimkan oleh kelompokwanitatani “Mutiara farm”.Namun,viii tidakadaperjanjiankontraktertulisantarakeduapihak. Karena menurutpemilikperusahaankerjsama yang terjalinsudahdidasarkanatas rasa percayakekeluargaanantarakeduapihak. Manfaat yang diperolehanggotaselamamengikutikemitraandengan CV. KurniaKitriAyu Farm yaitu (1) adanyapenambahanpengetahuansistempertanianorganik; (2) adanyajaminan pasar kepadaanggotadalammemasarkanhasilpanensayurorganik yang ditanam oleh anggota yang dikirimkanke CV. KurniaKitriAyu Farm; (3) adanyapenambahanpendapatanusahatani yang diterima oleh anggotaKelompok Wanita Tani “Mutiara Farm” selamabermitra. Hubunganperan modal sosialdenganloyalitasmitrakerjamemilikihubungan yang positif dan kuatberdasarkananalisiskorelasirank spearman. Dengannilaikorelasiyaitusebesar 0,717 dengansignifikansi 0,020<0,05. Sehinggasemakintinggiperan modal sosialterhadapkemitraanmakaakansemakintinggi pula rasa loyal anggotakelompokkepadaperusahaan. CV. KurniaKitriAyu Farm pentingnyauntukterusmenerusmeningkatkan rasa percayaterhadapkelompoksertamenaatinorma-norma yang telahdisepakatibersamasertamengadakanpelatihanterkaitbudidayaorganiksecaraberkal akepadakelompoktani yang bermitra. Kelompok Wanita Tani “Mutiara Farm” perlumemperluasrelasisehinggadapatmengembangkankemampuandalamberusahatanis ayuranorganikmaupunmengembangkankemampuanjaringan pasar untukmemasarkanhasilpanensayurorganik yang dihasilkan