Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Citra Merek dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Konsumen Smartphone OPPO)
Main Author: | Saputra, Okky Aditiyanata |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/179381/1/Okky%20Aditiyanata%20Saputra.pdf http://repository.ub.ac.id/179381/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan menjelaskan pengaruh Celebrity Endorser terhadap Citra Merek, (2) pengaruh Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian, (3) pengaruh Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan atau explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang diteliti meliputi Celebrity Endorser (X), Citra Merek (Y), dan Keputusan Pembelian (Z). Sampel dalam penelitian ini adalah Mahasiswa aktif Universitas Brawijaya konsumen smartphone OPPO sebanyak 116 orang responden dengan instrument penelitian kuesioner. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dengan kriteria sampel yang pertama Mahasiswa aktif Universitas Brawijaya yang pernah melihat iklan smartphone OPPO, yang kedua pernah membeli dan menggunakan smartphone OPPO. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dengan angket secara offline dan google forms secara online. Penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan analisis jalur (path analysis). Hasil analisis jalur (path analysis) menunjukkan bahwa (1) Celebrity Endorser (X) berpengaruh signifikan terhadap Citra Merek (Y), dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,672 ,(2) Celebrity Endorser (X) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Z), dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,308 ,(3) Citra Merek (Y) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Z), dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,497. Hasil tersebut membuktikan bahwa Celebrity Endorser oleh smartphone OPPO dapat meningkatkan citra merek secara positif sehingga mempengaruhi konsumen untuk melakukan keputusan pembelian.