Pengaruh Media Massa Terhadap Perilaku Memilih Pemula Pada Pemilihan Legislatif Kota Malang 2019 (Studi Kasus Di Daerah Pemilihan Ii Kecamatan Blimbing Kota Malang)
Main Author: | Niam, Muhammad Syahrul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/179121/ |
Daftar Isi:
- Secara umum penelitian ini berfokus mengenai perilaku memilih (voting behavior) pada pemilihan legislatif. Pada pemilu (pemilihan umum) serentak tahun 2019 yang diselenggarakan pada tanggal 17 April 2019. Lebih khusus, penelitian ini memfokuskan pada faktor media massa sebagai unsur untuk mempengaruhi perilaku memilih pemula Kota Malang pada pemilihan legislatif DPRD Kota Malang periode 2019-2024, dengan studi pada dapil (Daerah Pemilihan) II Kecamatan Blimbing Kota Malang Provinsi Jawa Timur. Penelitian ini mencoba menggambarkan pengaruh media massa secara menyeluruh tanpa membandingkan signifikansi dari masingmasing bentuk media massa, dengan kata lain secara umum dari media massa. Konsep yang digunakan pada penelitian ini adalah sosialisasi politik, dengan variabel media massa (X) sebagai agen sosialisasi politik. Sedangkan untuk variabel (Y) pada penelitian ini adalah perilaku memilih. Variabel perilaku memilih di dalamnya terdapat pendekatan sosiologis, pendekatan psikologis, dan pendekatan pilihan rasional. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana yang diolah melalui aplikasi SPSS 20. Responden dalam penelitian ini sebanyak 100 pemilih, syarat ketentuan responden adalah pemilih berusia 17-21 tahun yang terdaftar dalam DPT (Daftar Pemilih Tetap) di Kecamatan Blimbing Kota Malang. Kemudian hasil dalam penelitian ini adalah pengaruh media massa terhadap perilaku memilih pemula pada pemilihan legislatif Kota Malang 2019 di Dapil II Kecamatan Blimbing sebesar 23,6%, sedangkan 76,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak masukkan dalam penelitian ini.