Evaluasi Pelaksanaan Skills Lab Komunikasi Berdasarkan Persepsi Instruktur dna Mahasiswa di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Brawijaya

Main Author: Sekarputri, Afrilia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/179101/1/Afrilia%20Sekarputri.pdf
http://repository.ub.ac.id/179101/2/MAJALAH_AFRILIA%20SEKARPUTRI_135070400111018.pdf
http://repository.ub.ac.id/179101/
Daftar Isi:
  • Keterampilan klinis komunikasi sangat diperlukan di profesi kedokteran untuk melakukan tindakan medis yang efektif dan efisien, sehingga perlu adanya latihan yang optimal dari segi kuantitas maupun kualitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan metode pembelajaran Skills Lab komunikasi berdasarkan persepsi instruktur dan mahasiswa di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Brawijaya dengan menggunakan metode penelitian survey analitik dengan pendekatan cross sectional yang dilakukan pada bulan November hingga Desember 2018. Sampel penelitian meliputi mahasiswa blok 2 sebanyak 104 orang dan instruktur Skills lab komunikasi 9 orang. Penelitian dimulai dengan pembagian dan pengisian kuesioner mengenai pelaksanaan skills lab komunikasi pada seluruh sampel terhadap lima aspek penilaian (Instruktur, Materi pembelajaran, Mahasiswa, Metode pembelajan, dan evaluasi pembelajaran). Setelah itu dilakukan uji Mann Whitney untuk menganalisis perbedaan persepsi instruktur dan mahasiswa. Hasil uji menyatakan bahwa terdapat perbedaan pada tiga aspek penilaian (mahasiswa, materi, dan metode pembelajaran) dengan nilai siginifikan <0,05 dan tidak terdapat perbedaan pada dua aspek penilaian (instruktur dan evaluasi pembelajaran) dengan nilai signifikan >0,05. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa adanya perbedaan persepsi antara instruktur dan mahasiswa terhadap metode pembelajaran skills lab komunikasi di FKG UB.