Strategi Nation Branding Singapura Sebagai Destinasi Wisata Entertainment & Sightseeing Melalui Program “Your Singapore” Pada Tahun 2010-2017
Main Author: | Zhafiri, Adrian |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/178994/ |
Daftar Isi:
- Pada tahun 2004 sampai dengan 2009, Singapura memiliki citra bahwa Singapura merupakan negara dengan destinasi wisata berbelanja. Pada tahun 2010 Singapura ingin merubah citra tersebut menjadi negara dengan destinasi wisata entertainment & sightseeing melalui program YourSingapore. Program YourSingapore merupakan program nation branding kelima Singapura. Berbeda dengan program-program yang sudah dijalankan, YourSingapore menggunakan pendekatan menggunakan dunia digital. Wisatawan dapat merencanakan perjalanannya di dalam website YourSingapore dan membagikannya kepada rekan perjalanannya. YourSingapore merupakan program user-centric dan berbeda dengan program dari negara lainnya. Setelah dikeluarkannya program YourSingapore pada tahun 2010, pengeluaran wisatawan di Singapura bertambah di sektor entertainment & sightseeing, hal tersebut terjadi karena usaha dari Singapura dan juga investasi yang masuk ke Singapura di sektor pariwisata. Skripsi ini berfokus kepada bagaimana strategi nationviii branding yang dilakukan Singapura pada tahun 2010 sampai dengan 2017. Penelitian yang berjenis kualitatif ini menggunakan konsep nation branding strategy yang dikemukakan oleh Keith Dinnie untuk mengetahui strategi Singapura.